HOME, Bugar

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Asam Lambung

 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Pengidap penyakit asam lambung alias GERD harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Tak terkecualli dalam mengonsumsi buah-buahan. 

Pasalnya, ada beberapa jenis buah yang bisa memperparah asam lambung. Meski ada beberapa jenis buah yang harus dihindari, nyatanya masih ada jenis buah lainnya yang aman.

Penyakit asam lambung ditandai dengan gejala berupa munculnya rasa terbakar di dada atau ulu hati. Kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami mual hingga muntah, dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Roti Gandum Rendah Kalori yang Baik untuk Kesehatan

Itulah mengapa orang yang memiliki masalah asam  lambung perlu menjaga asupan makanannya, termasuk buah, untuk mencegah kekambuhan.

Dilansir dari WebMD dan Mayo Clinic, inilah beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung adalah sebagai berikut. 

1. Pepaya 

Pepaya

Penderita asam lambung juga bisa memilih buah pepaya. Buah ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan.  

2. Pisang 

Pisang

Jenis buah ini cenderung aman dan memiliki kandungan senyawa yang berfungsi melawan asam. Pisang memiliki kandungan kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. 

Selain itu, pisang juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga mengurangi refluks asam lambung.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

3. Semangka 

Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang segar dan mengandung banyak air. Jenis buah ini ternyata juga aman dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung.

Dalam satu buah semangka, terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Semangka juga membantu tubuh tetap terhidrasi.

 4. Apel 

Buah Apel

Buah apel mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin A, C, D, dan B. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium. 

Beragam kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan bisa membantu menenangkan perut pada pengidap penyakit asam lambung.

Baca Juga: Mengenali Risiko Penyakit bisa Dilihat dari Golongan Darah

5. Melon 

Melon

Melon juga aman dikonsumsi pengidap GERD. Seperti pisang, melon juga merupakan buah yang mengandung basa, sehingga bisa melawan asam.  

Secara umum, buah-buahan merupakan makanan yang menyehatkan. Kecuali jika Anda menderita asam lambung dan keliru dalam memilih jenis buah yang dikonsumsi. 

Maka, cermatlah dalam memilih buah agar kebiasaan makan buah yang sehat tidak malah memperparah gejala asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News