HOME, Keluarga

Kompor Induksi di Rumah Tidak Berfungsi? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Kompor Induksi di Rumah Tidak Berfungsi? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Kompor induksi merupakan kompor bertenaga listrik yang mulai banyak digunakan sebagai alternatif kompor gas konvensional.

Dilansir dari Rinnai, kompor induksi memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kompor gas, misalnya penggunaan yang lebih aman karena risiko kebakaran yang lebih minim. Selain itu, kompor induksi juga dapat memanaskan dan mematangkan makanan dengan lebih efisien.

Walaupun begitu, penggunaan kompor induksi tidak terlepas dari masalah-masalah tertentu, salah satunya kompor yang tidak mau berfungsi. Hal ini tentu dapat mengganggu Anda saat menggunakan kompor induksi.

Jadi, mengapa kompor induksi tidak bisa berfungsi dengan baik? Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Anda Harus Beralih Menggunakan Kompor Induksi

Tidak tersambung pada daya listrik

Kompor induksi menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas. Jadi, jika kompor induksi tidak berfungsi dengan baik dan tidak mau memanaskan makanan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa sambungan kabel pada kompor induksi.

Pastikan kabel tercolok pada stopkontak, lalu periksa apakah ada kabel yang terkelupas atau putus. Jika ada kerusakan pada kabel, hal ini bisa mengganggu aliran listrik sehingga kompor induksi tidak akan berfungsi secara optimal.

Lock mode yang menyala

Sebagian besar kompor induksi dilengkapi dengan fitur lock mode yang berfungsi untuk “mengunci” kompor supaya tidak digunakan sembarangan, terutama oleh anak-anak.

Jika Anda belum familiar dengan fitur-fitur pada kompor induksi, maka ada kemungkinan lock mode aktif secara tidak sengaja, sehingga membuat kompor tidak bisa dioperasikan. Carilah pengaturan untuk mematikan lock mode sesuai dengan panduan dari produsen kompor induksi Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Kompor Induksi Terpopuler, Memasak Makin Aman dan Praktis

Panci atau alat masak yang tidak kompatibel

Dilansir dari Reliable Appliances, kompor induksi menggunakan energi elektromagnetik untuk memanaskan makanan, sehingga alat masak yang digunakan harus dapat menerima energi tersebut.

Pada dasarnya, alat masak yang kompatibel dengan kompor induksi harus bersifat magnetik. Cara mengetesnya pun mudah, cukup tempelkan magnet pada alat masak tersebut. Jika menempel, maka kemungkinan besar alat masak tersebut bisa digunakan pada kompor induksi.

Alat masak yang kompatibel dan cocok dengan kompor induksi biasanya terbuat dari cast iron, carbon steel, dan stainless steel. Sementara itu, alat masak yang terbuat dari tembaga dan alumunium tidak cocok untuk kompor induksi.

Permukaan, panel, atau komponen kompor yang rusak

Jika Anda sudah melakukan hal-hal di atas dan masih belum menemukan penyebabnya, maka kemungkinan ada kerusakan di dari kompor induksi itu sendiri.

Pertama, pastikan permukaan dan panel-panel kompor bersih dan bebas dari hal lain, misalnya retakan atau benturan terhadap sesuatu. Jika permukaan dan panel kompor induksi bebas dari masalah, coba periksa bagian dalam kompor untuk mengecek apakah ada komponen yang rusak, misalnya sistem pemanasnya.

Jika Anda tidak berani mengotak-atik kompor tersebut, sebaiknya hubungi teknisi untuk membantu menyelesaikan masalah pada kompor. Tergantung tingkat kerusakannya, komponen yang rusak bisa diperbaiki atau diganti.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan kompor induksi tidak berfungsi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News