HOME, Keluarga

Ini 4 Alasan Anda Harus Beralih Menggunakan Kompor Induksi

Ini 4 Alasan Anda Harus Beralih Menggunakan Kompor Induksi

MOMSMONEY.ID - Pemerintah bersama PLN saat ini sedang gencar mempopulerkan Gerakan Konversi Satu Juta Kompor LPG ke Kompor Induksi. 

Dikutip dari laman PLN, program yang diluncurkan pada bulan Oktober 2020 ini bertujuan untuk menghemat anggaran subsidi LPG dan meningkatkan ketahanan energi nasional. Selain itu, kompor induksi juga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya lebih unggul dari kompor gas dan kompor listrik biasa.

Nah, kira-kira apa saja kelebihan dari kompor induksi sehingga Anda harus mulai beralih menggunakan kompor yang satu ini? Dilansir dari Rinnai, Electrolux Indonesia, dan Frigidaire, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Jangan Sampai Tertukar!

Kinerja yang cepat

Kompor induksi dapat memanaskan makanan atau merebus air dalam waktu yang lebih singkat, sehingga proses memasak akan jauh lebih cepat.

Hal ini disebabkan oleh sistem di dalam kompor induksi yang memanaskan alat makan secara langsung alih-alih memanaskan permukaan kompor, sehingga energi panasnya langsung dihantarkan ke makanan dan membuatnya matang lebih cepat.

Kontrol suhu yang presisi

Dibandingkan dengan kompor gas atau kompor listrik biasa, kompor induksi memiliki sistem pengontrolan suhu panas yang lebih baik. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko makanan yang kurang matang atau terlalu matang.

Selain itu, kontrol suhu yang lebih baik pada kompor induksi membuatnya cocok digunakan untuk masakan yang membutuhkan suhu yang presisi, misalnya mencairkan coklat. Hasilnya, makanan yang dimasak pada kompor induksi akan lebih lezat dan matang sempurna.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Kompor Induksi, Praktis dan Modern!

Aman digunakan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, sistem pemanas pada kompor induksi akan menghantarkan panas langsung ke alat masak. Sistem ini akan membuat permukaan kompor tetap dingin, sehingga bisa disentuh dengan aman.

Permukaan kompor yang terkena panas pun akan mendingin dengan cepat, sehingga kompor induksi cenderung lebih aman jika digunakan oleh anak-anak dan remaja.

Penampilannya yang modern

Salah satu poin plus dari kompor induksi adalah penampilannya yang terlihat ramping dan modern, sehingga akan cocok digunakan di rumah yang mengusung gaya minimalis.

Selain itu, kompor induksi juga memiliki permukaan yang datar sehingga mudah dibersihkan. Karena permukaan kompor induksi tidak mudah panas, tumpahan makanan tidak akan gosong dan menempel pada permukaan kompor.

Itulah beberapa keunggulan kompor induksi yang membuat Anda patut mencobanya. Bagaimana, tertarik menggunakan kompor induksi di rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News