BisnisYuk

Kiat Sukses Usaha Furniture Kayu, VOC Store

Kiat Sukses Usaha Furniture Kayu, VOC Store

MOMSMONEY.ID -  Kesuksesan memang tidak datang begitu saja. Dibutuhkan proses dan ketekunan untuk bisa meraihnya, begitupun jalan yang dilalui oleh Yulia Anggraeni, yang kini justru dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang furniture kayu khusus peralatan penyimpanan dapur, melalui VOC Store.

Menjadi pengusaha sukses rupanya tidak mutlak berawal dari usaha pertama yang dijalani, karena perjalanan Yulia Angraeni atau kerap disapa Ranny ini justru diawali dengan berjualan casing dan aksesoris handphone pada tahun 2016. Kala itu, selama 3 tahun Ranny menjalani bisnis yang naik turun dan menghadapi berbagai kesulitan akan masalah pengiriman barang baku.

Tantantan yang kian besar membuat Ranny memutuskan beralih usaha pada tahun 2019. Ia menetapkan hati untuk berjualan furniture seperti rak dan tempat penyimpanan dapur yang terbuat dari kayu jati Belanda. Tentunya perubahan ini atas pertimbangan yang cukup matang dengan segala resiko yang akan dihadapinya.

Banyak melakukan riset dan merubah strategi bisnis, Ranny justru lebih percaya diri dalam usahanya kali ini. Salah satu alasannya juga karena faktor bahan baku yang lebih mudah didapatkan, sehingga membuat VOC Store pindah haluan dan mulai menjual produk furniture kayu dengan bahan lokal berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Trik Tata Dapur Nyaman dan Rapi

Mengganti jenis produk yang dijual menjadi batu loncatan yang begitu besar bagi perkembangan toko kami. Perjalanan bisnis kami memang tidak mulus tapi inilah yang menjadi dorongan dan motivasi untuk semakin sukses," kata Ranny dalam virtual media briefing Shopee, Selasa (1/11).

Memasuki tahun ketiga Ranny bilang berjualan peralatan penyimpanan dapur berbahan kayu, kini dirinya pun bisa mendirikan dua workshop kerja dan mempekerjakan warga sekitar untuk memproduksi produk-produk VOC Store. "Jadi produk VOC Store 100% lokal, dari bahan lokal dan dikerjakan oleh anak bangsa," tambahnya.

Sebagai pegiat UMKM yang berlokasi di sekitar rumah penduduk, Ranny menyebut saat ini VOC Store mengolah keseluruhan bahan baku di dua workshop secara terpisah dengan melibatkan penduduk sekitar sebagai karyawan.

Mulai dari proses pembelian bahan baku, lalu masuk ke tahap pembuatan di workshop pertama dengan aktivitas pemilihan kayu berdasarkan ukuran, mengukur dan potong kayu sesuai dengan pola. Kemudian, pada workshop kedua yakni sebagai tempat perakitan dan pengecatan. Setelah selesai dan telah dilakukan pengecekan Quality Control, seluruh produk yang siap dijual diberangkatkan menuju gudang dan dilanjutkan proses pengemasan dengan label.

Baca Juga: Ini Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca Penerima, Pakai Tips Rahasia

Jika dulu masyarakat lebih percaya untuk membeli furniture berbahan kayu secara langsung untuk melihat kualitasnya. Kini dengan hadirnya platform e-commerce terpercaya seperti Shopee, membeli furniture kayu secara online juga banyak penggemarnya. Selain banyak ragam produk yang bisa ditemukan, masyarakat juga bisa membandingkan harga dan menemukan yang terjangkau tapi tetap berkualitas. Bagi Ranny hal tersebutlah yang membuatnya semakin semangat dan antusias terhadap strategi dan cara berjualan di ranah digital.

Agar semakin sukses memasuki dunia digital, ambisinya yang tak pernah padam untuk dapat menjual dan memperkenalkan karyanya hingga ke seluruh daerah di Indonesia melalui Shopee. Berbagai cara penjualan secara online pun dipelajari oleh Ranny agar produknya dapat dipercaya dan menambah daya tarik konsumen. Seperti mengikuti program-program yang dihadirkan Shopee, salah satunya kampanye angka kembar Shopee 11.11 Big Sale.

"Shopee selalu menjadi platform terpercaya bagi kami untuk menjual berbagai produk dengan kemudahan fitur dan promosi sehingga bisa membantu para seller untuk berkembang lebih. Seperti kampanye 11.11 Big Sale kali ini, kami pun sebagai seller sangat antusias dengan berbagai persiapan," ungkap Ranny.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Dengan adanya Kampanye 11.11 Big Sale di Shopee, Ranny pun bersiap-siap memperbanyak stok pasukan produk terutama untuk produk terfavorit pengguna "Selain itu, kami juga sudah mempersiapkan berbagai promo diantaranya promo Diskon hingga 50% untuk pembelian pada produk tertentu dan berbagai voucher yang bisa digunakan oleh pembeli pada sesi ShopeeLIVE nanti," imbuhnya lagi.

Perjalanan hidup seorang Yulia Anggraeni, pemilik VOC Store memang bukan perjalanan yang mudah, justru lika-liku hidup yang dijalaninya berhasil membangunnya menjadi tangguh dan kini mampu menerbitkannya menjadi salah satu pelaku bisnis furniture kayu untuk peralatan penyimpanan dapur di Bekasi.

“Sebagai pelaku UMKM sendiri dengan pengalaman jatuh bangun dalam berbisnis, saya berharap para pelaku UMKM di luar sana yang baru memulai, baik di kategori perlengkapan rumah maupun lainnya, agar jangan patah semangat dan terus fokus mempelajari cara berkembang di pasar saat ini," tutur Ranny.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Download Video Instagram Lewat Telegram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News