Santai

Trik Tata Dapur Nyaman dan Rapi

Trik Tata Dapur Nyaman dan Rapi

MOMSMONEY.ID - Demi mewujudkan dapur yang rapi dan lebih nyaman untuk masyarakat, banyak hal dilakukan. Mulai dari pemilihan furnitur, tampilan dapur, hingga perabotan memasak sesuai dengan konsep dapur. Selain membeli dan mempersiapkan, ada baiknya anda menata agar tata letaknya menjadi pas dan nyaman digunakan.

Salah satu tren yang bisa jadi rekomendasi anda dalam menata dapur adalah decluttering dan organizing. Kegiatan ini semakin marak dan digemari oleh masyarakat beberapa tahun belakangan ini sejak adanya pandemi. Menurut Ivanno Viva, Founder Cabin Neat, decluttering dan organizing menjadi solusi yang bisa dilakukan.

Ivanno selaku penyedia jasa professional organizer mengatakan, selain mempersiapkan peralatan pendukung dan kotak penyimpanan di dapur, bagi pemula yang baru memiliki rumah atau mungkin ingin merombak dapur di rumahnya, bisa melakukan decluttering dan organizing.

Langkah-langkah yang bisa dimulai sebagai berikut. Pertama, siapkan waktu khusus di hari kosong untuk memulai decluttering dan organizing, atau setidaknya 1-2 jam selama beberapa hari jika sedang sibuk. Kemudian pilah dan pisahkan barang-barang yang masih ingin dipakai dan yang sudah bisa dibuang atau disumbangkan, pisahkan menjadi dua tumpukan.

Baca Juga: Mau Bikin Usaha Kuliner Ayam? Cek Dulu Kiat Sukses Crisbar Ini

Setelah proses ini selesai dan sudah tahu barang-barang mana saja yang perlu disimpan dan dirapikan, rencanakan produk penyimpanan yang sesuai. Jadi jangan pernah memulai dengan membeli kotak penyimpanan terlebih dahulu. Baru lah kemudian proses organizing bisa dimulai. Peralatan memasak bisa disatukan di kotak akrilik atau digantung di gantungan kayu, bumbu masakan bisa dipindah ke botol kaca dan diberikan nama agar seragam dan estetik, serta bisa dirapikan di rak penyimpanan sebelah kompor agar mudah saat ingin digunakan.

Tidak lupa, Ivanno meningatkan bahwa ketika melakukan decluttering dan organizing, anda juga harus mempersiapkan mental. Sebab, bagi Ivanno, membuang dan merapikan barang bisa menjadi kegiatan yang sentimental dan sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Maka untuk mempersiapkan mindset yang tepat, pertama coba untuk membayangkan atau mencari contoh gambar bagaimana hasil akhir dari dapur yang sudah rapi dan bersih. Pasti memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan, kan?

"Nah ini dapat menjadi sumber motivasi untuk memulai organizing. Dan ketika ada barang-barang yang sudah kita lupakan tapi ternyata kembali ditemukan, artinya barang itu sudah harus disumbangkan agar berguna bagi orang lain. Ini lah mindset yang harus dimiliki ketika memulai decluttering dan organizing," ujarnya. 

Sebagai pelengkap setelah menata dapur, VOC Store menghadirkan beragam produk buatannya seperti rak, kotak, dan lemari kayu yang dapat dimaksimalkan untuk penyimpanan peralatan hingga bumbu dapur. Yulia Anggraeni, Owner VOC Store menuturkan bahwa produk furniturenya menggunakan bahan kayu akan lebih kuat dan tahan lama, serta memberikan kesan alami dan elegan. Bahan dasar kayu juga lebih ramah lingkungan dan lebih mudah untuk diperoleh.

“Dari segi design, furniture kayu lebih fleksibel dan memiliki banyak tingkat tekstur warna dan pola yang memberikan sentuhan estetik. Harga furniture berbahan kayu jauh lebih murah atau bisa dikatakan bisa disesuaikan dengan budget,” katanya.

Baca Juga: Promo Chatime Spesial Hari Vegan, Gratis Ganti Topping Jadi Oat Milk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News