Bugar

Ketahui, Ini Sederet Makanan Mengandung Selenium Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Ketahui, Ini Sederet Makanan Mengandung Selenium Tinggi yang Baik untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang mengandung selenium tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Selenium punya peran penting dalam tubuh, mulai proses reproduksi, metabolisme hormon tiroid, sintesi DNA, hingga perlindungan terhadap kerusakan oksidatif.

Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung selenium tinggi. Apalagi, manfaat selenium untuk tubuh tidak bisa diragukan lagi. 

Dialnsir dari National Institute of Health dan Healthline, berikut beberapa makanan mengandung selenium tinggi yang paling direkomendasikan untuk tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Meredakan Sakit Maag

Ikan

Makanan mengandung selenium tinggi yang pertama adalah ikan. Makanan laut  seperti ikan tuna mengandung sekitar 92 mcg selenium per 85 gram ikan.

Hal tersebut membuat ikan tuna sebagai sumber selenium yang sangat baik. Begitu juga dengan ikan sarden, tiar, kerang, udang, salmon, dan kepiting, yang mengandung selenium antara 40 hingga 65 mcg.

Nasi merah

Makanan mengandung selenium tinggi yang kedua adalah nasi merah. Secangkir nasi merah akan menghasilkan 19 mcg selenium, atau 27 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Orang dewasa bisa mengonsumsi daging merah dengan 85 gram ayam, untuk menbisakan jumlah selenium yang direkomendasikan (50 mcg). 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi oleh Anak Saat Mengalami Diare

Pisang

Makanan mengandung selenium tinggi yang ketiga adalah pisang. Secangkir pisang mengandung 2 mcg selenium, atau 3 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Tidak banyak buah yang memang mengandung selenium atau tidak sama sekali. Maka Anda perlu mencampurkan pisang pada yoghurt atau oatmeal untuk mendapatkan selenium.

Telur

Makanan mengandung selenium tinggi selanjutnya adalah telur. Sebutir telur seberat 50 gram mengandung sekitar 15,35 mcg selenium.

Selain kaya selenium, telur menjadi sumber protein andalan, mudah didapat, dan mudah diolah. Tidak hanya itu, telur juga kaya dengan vitamin B12 yang bisa menjaga kesehatan sel-sel saraf.

Sebagai mineral penting, Anda perlu membisakan mengonsumsi asupan makanan yang mengandung selenium setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Perlu diingat, jumlah selenium harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa sebanyak 55 mcg. Ini untuk mencegah gangguan kesehatan seperti masalah kesuburan.

Itulah makanan yang mengandung selenium tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News