Keluarga

5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi oleh Anak Saat Mengalami Diare

5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi oleh Anak Saat Mengalami Diare

MOMSMONEY.ID - Diare pada anak termasuk hal yang wajar mengingat saluran cerna mereka belum terbentuk sempurna. Kendati wajar, namun diare pada anak harus ditangani dengan segera agar tidak berakhir membahayakan mereka.

Salah satu penanganan diare pada anak yang perlu diterapkan adalah menyajikan makanan yang aman untuk pencernaan mereka.

Dilansir dari laman Grow Happy milik Nestle, ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi oleh anak yang sedang mengalami diare. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Waspadai! Ini 5 Tanda Paru-Paru Anda Tidak Sehat

1. Probiotik

Saluran cerna merupakan benteng bagi tubuh untuk melindunginya dari pengaruh lingkungan luar sekaligus berbagai penyakit pencernaan. Dengan menstabilkan keseimbangan mikroorganisme bakteri baik di saluran cerna, itu akan meningkatkan respons pertahanan tubuh.

Di sisi lain, bakteri baik di saluran cerna telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi diare pada anak akibat infeksi dan mencegah diare akibat antibiotik. Adapun bakteri baik atau yang biasa disebut juga dengan probiotik dapat ditemukan dalam makanan dan minuman yang difermentasi. Beberapa contoh makanan yang mengandung probiotik antara lain yogurt, tempe, dan tahu.

2. Protein

Selama diare, anak tetap membutuhkan asupan protein yang cukup. Namun, jenis protein yang dipilih harus mudah dicerna contohnya daging ayam kukus. Atau, sajikan daging ayam dalam bentuk sup untuk memberikan si kecil nutrisi sekaligus membantu mengembalikan cairan tubuhnya yang hilang akibat diare.

Jangan lupa juga untuk menghindari penggunaan mentega, minyak, dan banyak bumbu dalam makanan anak saat mereka menderita diare ya Moms.

3. Nasi putih

Nasi putih termasuk makanan yang bisa membantu mengatasi diare pada anak. Ini karena kandungan serat yang rendah dalam nasi putih tidak akan memancing kerja saluran cerna.

Nasi putih juga tergolong mudah dicerna dan memiliki sifat yang mengikat sehingga dapat membantu memadatkan feses. Saat anak mengalami diare, Anda bisa memberikan mereka nasi putih polos atau mencampurkannya dengan kaldu ayam supaya lebih kaya rasa.

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung soluble fiber atau serat yang mampu menarik air dan mengubahnya menjadi gel. Jenis serat ini juga bisa memperlambat proses pencernaan sehingga cocok dikonsumsi oleh anak yang sedang mengalami diare.

Apabila Anda berniat untuk memberikan oatmeal kepada anak, selalu ingat untuk tidak menambahkan pemanis dan susu ke dalamnya.

5. Pisang

Pisang memiliki rasa yang tidak terlalu mencolok serta mudah dicerna. Oleh sebab itu, pisang bisa jadi pilihan makanan yang baik untuk anak diare. Dibandingkan buah-buahan lainnya, kandungan serat dalam pisang tidak terlalu tinggi sehingga dapat membantu membuat feses menjadi lebih padat.

Pisang juga kaya akan potasium atau salah satu elektrolit yang bisa hilang saat diare melanda. Dengan mengonsumsi pisang selama diare, itu akan membantu penyerapan cairan yang berlebihan pada usus anak tanpa menyebabkan penyakit pencernaan lainnya seperti konstipasi.

Moms, selain mengetahui makanan apa saja yang aman untuk anak diare, pastikan Anda juga memahami cara yang tepat dalam memberikan makanan tersebut ya. Selama anak diare, berikanlah mereka makanan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang sering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News