Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Meredakan Sakit Maag

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Meredakan Sakit Maag

MOMSMONEY.ID - Maag adalah salah satu alasan mengapa seseorang tidak bisa memilih makanan asal-asalan. Ini karena beberapa makanan dapat menyebabkan maag kambuh.  

Mengutip American Family Physician, kondisi ini mengakibatkan rasa sakit atau perasaan tidak nyaman di bagian tengah area perut. 

Untuk bisa meredakannya, tentu saja Anda harus menghilangkan gejala maag. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sakit maag, antara lain:  

Baca Juga: Terlalu Stres Bekerja? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Pisang

Pisang adalah makanan dengan kandungan asam yang rendah sehingga baik untuk orang yang sedang mengalami sakit maag.

Teksturnya yang lumat juga membantu membentuk lapisan pelindung pada kerongkongan yang mengalami iritasi. 

Pisang tak hanya baik untuk asam lambung, berkat kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga mampu melancarkan kerja usus dan mencegah sembelit.

Yogurt

Makanan selanjutnya adalah yogurt. Ini karena yogurt memberikan efek menenangkan bagi dinding lambung sekaligus membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut. 

Tidak hanya itu, kandungan probiotik alias bakteri baik di dalam yogurt dapat membantu menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. 

Melon

Sama seperti pisang, melon juga termasuk makanan dengan sifat asam yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit lambung.

Bahkan, melon sebenarnya memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat kandungan mineral berupa magnesium. 

Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yaitu salah satu obat tanpa resep untuk meredakan sakit maag.

Baca Juga: Kenali Sederet Manfaat Belimbing untuk Kesehatan Tubuh. Cari Tahu Yuk!

Oatmeal

Oatmeal diyakini baik untuk mengurangi gejala maag. Pasalnya setelah dimakan, olahan yang berasal dari gandum ini ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung. 

Oatmeal juga membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi. Serat dalam oatmeal juga melancarkan kerja usus, mengurangi sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.  

Pepaya

Tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata baik untuk penderita sakit maag. Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya. 

Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam.

Makanan dan minuman mungkin tidak berperan langsung dalam mengatasi maag, tapi keduanya penting untuk mencegah gejalanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News