HOME, Santai

Ketahui Perbedaan Minuman Kopi Espresso, Ristretto, dan Lungo

Ketahui Perbedaan Minuman Kopi Espresso, Ristretto, dan Lungo

MOMSMONEY.ID - Minum kopi bisa menjadi aktifitas harian atau kewajiban bagi pecinta kopi. Mengerti jenis jenis kopi merupakan hal yang tentunya perlu untuk diketahui.

Bagi penikmat kopi kelas berat, espresso menjadi pilihan yang nikmat untuk dinikmati. Selain itu ternyata ada juga ristretto, dan lungo yang merupakan varian dari jenis espresso. 

Ketiganya merupakan bahan utama yang digunakan dalam pembuatan minuman kopi hits masa kini. Yuk intip perbedaannya berikut ini.

Baca Juga: Promo 9.9 Sampai Sabtu, 11/9, Beli 3 Kopi Kenangan cuma Rp 30 ribu

Espresso

Espresso adalah ekstrak kopi yang diproses dengan menggunakan air bersuhu tinggi, dan tekanan tinggi. Waktu yang dibutuhkan untuk mengekstrak espresso ini juga cenderung cepat. Hanya membutuhkan waktu dibawah 30 detik saja hasil kopi yang padat dan penuh konsentrat bisa Anda nikmati.

Standartnya espresso disajikan di gelas kecil dan hanya berisikan 30 ml ekstrak kopi saja. Rasa yang ditonjolkan dalam minuman ini secara dominan adalah rasa asam. Jika dibuat dengan tepat espresso bisa menonjolkan rasa asam dan manis. Yang biasa disebut dengan sweet spot.

Namun tentu saja jika dibuat dengan cara yang kurang tepat akan membuat espresso terasa bitter atau pahit. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Kafein Juga Memiliki Berbagai Manfaat untuk Kesehatan

Ristretto

Ristretto memiliki intensitas yang lebih ringan dibandingkan espresso. Biasany dipilih oleh orang-orang yang tidak menyukai rasa kuat dari espresso. Proses ekstraksi ristretto tidak selama espresso. Biasanya hanya memerlukan kurang lebih 15 detik saja. 

Size yang dihasilkan pun juga hanya 15 ml saja. Ristretto bisa menghasilkan rasa yang lebih manis dan lembut dari espresso jika dibuat dengan benar. Dalam waktu yang sedikit itulah yang membuat ekstraksi ristretto memiliki rasa dominan manis daripada asam.

Lungo

Lungo memiliki wkatu ekstraksi yang lebih lama dibandingkan dengan espresso. Waktu yang dibutuhkan untuk mengekstraksi minuman ini kurang lebih hingga 1 menit. Dengan ukuran shot sekitar 130-170 ml.

Lamanya waktu ekstrasi tergantung dari jenis beans, ukuran gilingan, dan tekanan dari mesin yang digunakan. Yang membedakan lungo dan Americano atau long black adalah, lungo hanyalah ekstraksi kopi. Sedangkan Americano atau long black menambahkan air pada minumannya.

Rasa yang dihasilkan jenis kopi ini lebih getir dan cenderung pahit dari espresso. Karena proses ekstraksi yang lama. Sehingga membuat komponen kopi seperti bubuknya juga ikut terekstrak. 

Selanjutnya: Ini Dia Penyebab Munculnya Mood Swings dan Cara Mencegahnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News