HOME, Santai

Ini Dia Penyebab Munculnya Mood Swings dan Cara Mencegahnya

Ini Dia Penyebab Munculnya Mood Swings dan Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasakan perubahan mood yang terasa begitu cepat dalam suatu waktu? Fenomena tersebut kerap disebut dengan mood swings.

Definisi mood swings menurut laman Very Well Mind adalah perubaha mood yang terjadi begitu cepat dalam suatu waktu. Biasanya dikaitkan dengan roller coaster.

Karena perasaan dapat berubah dari sedih, bahagia, kesal, hingga sensitif. Penyebab perubahan mood yang cepat ini bisa terjadi tanpa alasan. Namun, beberapa penyebab mood swings bisa menjadi salah satu pemicunya.

Baca Juga: Menakjubkan ! 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan

PMS atau Pre-Menstrual Syndrome menjadi salah satu penyebab munculnya mood swings pada wanita. Perubahan hormo pada tubuh atau hormon yang tidak seimbang juga bisa membuat seseorang mengalami mood swings. 

Kehamilan dan menopause juga kerap dikaitkan dengan munculnya mood swings. Pada pria sendiri, biasanya mood swings kerap terjadi karena adanya banyak stress yang menumpuk.

Mood swings juga kerap muncul karena adanya penyakit yang menyerang otak. Seperti demensia, stroke, dan penyakit lainnya yang mengakibatkan kerja otak dalam mengontrol hormon menjadi berkurang.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Skincare Emas dengan Harga Affordable untuk Remajakan Kulit Wajah

Selain itu kurang tidur juga menjadi penyebab munculnya mood swings. Karena tubuh merasa kurang mendapatkan istirahat membuatnya menjadi lebih sensitive. 

Cara untuk mengurangi atau mencegah munculnya mood swings ini adalah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Cara tersebut juga direkomendasikan oleh laman Medical News Today. 

Rutin berolah raga, mengurangi dan bahkan mengurangi konsumsi kafein, gula, dan alcohol menjadi salah satu cara untuk terhindar dari mood swings. Mengatur pola tidur juga merupakan hal yang harus Anda lakukan agar tubuh memperoleh waktu yang baik untuk beristirahat. 

Selain itu yang lebih penting adalah mengatur stres. Cobalah berlatih yoga atau meditasi, mencatat mood dalam jurnal untuk mengetahui emosi yang ada pada diri sendiri. 

Dengan begitu Anda dapat mengelola stres yang menjadi pemicu utama munculnya mood swings. 

Selanjutnya: Prioritaskan Investasi Ketimbang Memenuhi Gaya Hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News