HOME, Bugar

Kaya Nutrisi, Kafein Juga Memiliki Berbagai Manfaat untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi, Kafein Juga Memiliki Berbagai Manfaat untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kafein adalah zat alami yang banyak terkandung di dalam tanaman teh, kopi, dan kakao. Zat ini juga sering ditambahkan pada minuman berenergi. Setelah dikonsumsi, kafein akan diserap ke aliran darah dan kemudian dibawa ke hati untuk dipecah menjadi senyawa yang bisa memengaruhi fungsi berbagai organ, dikutip dari Mayo Clinic.

Tidak jarang kafein disebut setara dengan amfetamin, kokain, hingga heroin. Hal ini dikarenakan kafein dan jenis obat-obatan tersebut bekerja dengan cara yang sama, yaitu menstimulasi kerja otak. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi bisa membantu menghambat reseptor adenosine yang bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat, dilansir dari Healthline.

Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) sudah menyatakan kafein sebagai obat, selain bahan makanan (aditif). Selain itu, ada juga manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi kafein secukupnya. Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut manfaat kafein untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Baik dikonsumsi Penderita Hernia

1. Meningkatkan daya ingat 

Manfaat kafein bisa meningkatkan memori jangka panjang. Selain itu, sebuah penelitian dari Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat, juga merekomendasikan konsumsi kafein setelah belajar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan memori jangka panjang. 

2. Anti diabetes dan penyakit jantung

Kafein yang ada dalam kopi disebut memiliki kandungan asam klorogenat (Chlorogenic acid). Asam tersebut ternyata berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes. Tapi yang perlu diingat, kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh berlebihan. 

3. Meningkatkan performa olahraga

Mengonsumsi kafein sekitar 1 jam sebelum olahraga disebut bisa meningkatkan kekuatan otot, stamina, dan daya tahan tubuh seseorang saat berolahraga. Hal ini karena kafein dapat memaksimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi. Selain itu, efek stimulan kafein juga dapat meningkatkan motivasi untuk berolahraga. 

4. Menghambat kerusakan liver

Kandungan kafein pada kopi ternyata diklaim dapat mengurangi risiko kerusakan hati (sirosis)sebanyak 84 persen. Angka tersebut ternyata cukup untuk menghambat perkembangan penyakit, meningkatkan respons pengobatan, dan menurunkan risiko kematian dini. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Liver International, kafein dapat menekan sintesis CTGF, yaitu faktor pertumbuhan jaringan ikat. 

5. Mengurangi risiko penyakit parkinson dan alzheimer

Sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi kafein secara teratur dalam jangka waktu panjang bisa mengurangi risiko terserang penyakit alzheimer. Tidak hanya itu, beberapa riset juga melaporkan, orang-orang yang mengonsumsi kafein dalam jumlah yang lebih banyak, tidak berisiko terserang penyakit parkinson. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menderita Maag

Manfaat kafein memang sangat beragam, tapi hal ini hanya berlaku jika Anda mengonsumsinya dalam batas wajar. Jangan mengonsumsi kafein, lebih dari 400 mg per hari. Jika lebih, efek samping seperti gugup, gangguan tidur, detak jantung tidak normal, tekanan darah tinggi, sakit kepala, hingga tremor otot bisa terjadi. Apabila mengalami efek samping tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. 

Selanjutnya: 5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Muntaber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News