HOME, Santai

Ketahui Jenis dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang Berikut Ini

Ketahui Jenis dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang Berikut Ini

MOMSMONEY.ID -  Permasalahan rambut bercabang merupakan masalah umum yang kerap dirasakan hampir oleh semua wanita.

Rambut bercabang terjadi karena adanya penurunan kualitas pada rambut. Rambut sendiri tumbuh dari bagian akar hingga ke ujung rambut. Nah, masalah rambut bercabang ini kerap muncul pada bagian ujung rambut tersebut. 

Bagian paling ujung rambut adalah bagian tertua dari rambut dan rentan terhadap ekspos bahan kimia dari luar karena tidak memperoleh banyak nutrisi seperti bagian akar.

Baca Juga: Lebih Disukai HRD, Ini Tips Membuat ATS CV dengan Mudah untuk Melamar Kerja!

Lama kelamaan bagian ujung rambut menjadi  semakin rentan dan kehilangan kutikel rambut yang menyebabkan inner cortex atau bagian inti dalam rambut menjadi tereskpos. Hasilnya akan muncul cabang pada bagian ujung rambut.

Laman Style Craze menjelaskan bahwa rambut bercabang pun memiliki tipenya yang berbeda, Namun ada tiga jenis rambut bercabang yang umum dijumpai yaitu basic, candle, dan tree.

Basic adalah ketika rambut bercabang Anda hanya terbentuk menjadi dua cabang. Candle adalah ketika ujung rambut berbentuk lebih tipis dibandingkan bagian atasnya. Sedangkan tree adalah ketika rambut bercabang memiliki banyak cabang seperti pohon.

Laman Health Line menjelaskan bahwa yang menjadi penyebab munculnya rambut bercabang adalah karena cuaca ekstrim dan rambut yang kekurangan nutrisi. Selain itu penggunaan catok, blow, dan pengeriting rambut juga menjadi penyebab umum munculnya rambut bercabang.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda dari Rumah, Cobain Yuk!

Ada juga penyebab lain yang menyebabkan munculnya rambut bercabang, yaitu karena diet yang buruk dan kondisi kesehatan. Rambut membutuhkan nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tetap bisa terlihat sehat dan terhindar dari rambut bercabang.

Sangat disayangkan bahwa rambut bercabang tidak bisa diperbaiki kecuali dengan cara memotongnya. Rutin memotong bagian ujung rambut juga merupakan cara untuk mencegah munculnya rambut bercabang.

Untuk meminimalisir terjadinya rambut bercabang maka menggunakan hair mask sebagai treatment perawatan rambut bercabang bisa juga dilakukan. Hair mask akan  membantu melembabkan ujung rambut, menutrisi, dan mencegah munculnya rambut bercabang.

Gunakan juga vitamin rambut yang bisa memberikan nutrisi pada rambut selain melalu makanan sehat dan banyak minum air putih.

Sebisa mungkin kurangi penggunaan alat pemanas rambut. Seperti catok, hair dryer, dan pengeriting rambut. Panas dari alat-alat ini memiliki efek buruk bagi rambut yang membuat rambut perlahan-lahan kehilangan nutrisinya.

Jika ingin menggunakan alat pemanas pastikan untuk menggunakan heat protector atau produk pelindung rambut dari panas terlebih dulu, agar kelembapan dan nutrisi yang ada pada rambut tetap terlindungi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News