HOME, Santai

Lebih Disukai HRD, Ini Tips Membuat ATS CV dengan Mudah untuk Melamar Kerja!

Lebih Disukai HRD, Ini Tips Membuat ATS CV dengan Mudah untuk Melamar Kerja!

MOMSMONEY.ID - Dengan semakin berkembangnya teknologi, melamar pekerjaan pun kini semakin dipermudah. Membuat CV online dan mengirimkannya melalui email kini bisa menjadi cara untuk melamar pekerjaan

Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mengirim CV untuk melamar pekerjaan. Pastikan untuk menggunaan CV dengan format ATS yang banyak digemari oleh HRD.

Format ATS menurut laman Top Resume merupakan singkatan dari Applicant Tracking System. ATS merupakan software yang digunakan oleh rekruter untuk menyeleksi peserta yang melamar pekerjaan.

Baca Juga: Ingin Tetap Produktif Saat Liburan? Lakukan 4 Tips Berikut Ini Saja!

Biasanya software ini digunakan pada perusahaan besar yang sering melakukan open recruitment secara besar-besaran. Tentunya untuk mempermudah proses seleksi, software ATS ini digunakan sebagai salah satu caranya.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat membuat CV dengan format ATS. Seperti template, penggunaan bahasa atau struktur, dan juga penggunaan format.

CV dengan format ATS sebaiknya tidak disimpan dengan menggunakan file PDF yang sulit untuk dibaca oleh sistem. Maka dari itu, sebaiknya ATS CV disimpan dengan menggunakan format word yang yang ringkas dan dapat mudah dibaca oleh sistem.

Laman Forbes menjelaskan bahwa struktur juga merupakan elemen penting dalam pembuatan ATS CV. Pastikan struktur yang digunakan terdiri dari header, summary, skill, education, dan professional experience.

Header adalah bagian yang memuat data pribadi seperti nama, umur, email, nomor telepon, dan juga lokasi saat ini. Summary merupakan bagian yang memuat paragraf singkat mengenai skill, kualifikasi diri, dan juga pengalaman.

Baca Juga: Ingin Kerja Remote Berbasis di Indonesia? Coba Cari di 3 Website Ini Saja!

Sedangkan pada bagian skill dan education, adalah bagian untuk menjelaskan kemampuan yang dimiliki dan juga latas belakang pendidikan yang telah ditempuh. Termasuk melampirkan sertifikat yang diperoleh.

Professional experience diisi untuk menjelaskan pengalaman kerja yang telah dimiliki. Pastikan untuk mencantumkan hal-hal yang telah dicapai saat bekerja pada satu posisi daripada menjelaskan tentang tanggung jawab pekerjaannya.

Format yang digunakan untuk menulis ATS CV adalah format singkat yang tidak menggunakan banyak foto, grafis, atau warna. Sehingga tampilan ATS CV menjadi tampilan CV formal yang dapat dengan mudah dibaca sistem software.

Gunakan juga keyword dan simbol sederhana untuk menjelaskan poin detail yang ingin dijelaskan. Selain itu gunakan juga template CV yang sederhana dan dapat dengan mudah dipahami oleh rekruter. Sebab ada juga HRD aau recruiter yang masih menggunakan cara scanning kuno untuk menyeleksi para calon karyawannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News