HOME, Bugar

Ketahui Cara Membuat Toner Alami untuk Perawatan Wajah di Rumah

Ketahui Cara Membuat Toner Alami untuk Perawatan Wajah di Rumah

MOMSMONEY.ID - Toner adalah produk skincare yang berbahan dasar air dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit wajah anda. Manfaat dari penggunaan toner yaitu apat mengangkat sisa make up dari wajah, menyejukkan, melembutkan dan dapat mengatasi masalah kulit wajah seperti kemerahan dan jerawat.

Kini, telah banyak produk-produk toner di pasaran yang bisa Anda coba gunakan. Namun, jika Anda ingin membuat toner alami sendiri di rumah ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan. Melansir dari cleanandclear.co.id, inilah bahan dan cara membuat toner alami di rumah, yaitu: 

1. Toner Teh Hijau

Teh hijau

Membuat toner alami pertama dengan teh hijau. Kandungan yang terdapat di dalam teh hijau sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain mempunyai antioksidan yang tinggi, terh hijau bermanfaat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, toner dari teh hijau bisa Anda gunakan. Cara membuat toner teh hijau tidak sulit, berikut bahan dan cara membuatnya : 

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir air.
  • 1 kantong teh hijau.

Cara membuat:

  • Didihkan 1 cangkir air kemudian masukkan 1 kantong teh hijau ke dalamnya selama 3-5 menit.
  • Buang kantong teh dan tunggu hingga suhu teh di cangkir kembali normal.
  • Pindahkan teh ke mangkuk kecil agar lebih mudah digunakan. Selanjutnya, oleskan air teh ke wajah setelah mencuci muka.

Baca Juga: Musim Hujan Sudah Tiba, Ini 5 Cara Terhindar Dari Influenza

2. Toner Mentimun

Mentimun

Selanjutnya, membuat toner alami dengan mentimun. Toner mentimun sangat cocok digunakan untuk pemilik jenis kulit berminyak dan pori-pori besar. Mentimun kaya akan air sehingga baik untuk kulit, mentimun dapat menghidrasi kulit dan sebagai Astringent alami. 

Astringent adalah zat yang mampu menyegarkan, menyerap kelebihan minyak, sekaligus memperkecil pori-pori kulit. Anda hanya cukup mempersiapkan satu timun segar yang sudah diparut halus dan 1 sdt air lemon.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu campurkan timun segar dan air lemon, kemudian aduk rata. Bila sudah, Anda bisa mengaplikasikan campuran ini sebagai toner alami wajah.

3. Toner Cuka Apel

Manfaat cuka apel

Membuat toner alami juga bisa dari cuka apel. Toner cuka apel baik digunakan untuk pemilik kulit normal. Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat mengatasi masalah jerawar dan asam sitrat berfungsi untuk mempercepat pergantian sel kulit. 

Antioksidan yang terkandung pada sari cuka apel membantu menarik racun dan sisa kotoran keluar dari pori-pori kulit. Sehingga, kulit tidak lagi tersembut dengan kotoran. Cara membuat toner dari cuka apel tidak sulit, Anda bisa membuatnya di rumah.

Siapkan 2 sdm sari cuka apel dan 2 sendok makan air. Kemudian, campurkan sari cuka apel dan air pada sebuah mangkuk, kemudian aduk rata menggunakan sendok. Toner pun siap digunakan untuk wajah.

Selanjutnya: Makanan Ini Membuat Kulit Awet Muda, Karena Kandungan Astaxanthin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News