HOME, Bugar

Makanan Ini Membuat Kulit Awet Muda, Karena Kandungan Astaxanthin

Makanan Ini Membuat Kulit Awet Muda, Karena Kandungan Astaxanthin

MOMSMONEY.ID - Mendapatkan kulit awet muda tidak hanya didapatkan dari produk-produk skincare saja. Tetapi Anda juga perlu mendapatkannya dari asupan makanan yang bergizi. Banyak sekali makanan yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit seperti buah dan sayuran.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dikenal membuat kulit awet muda yaitu astaxanthin. Mungkin Anda cukup asing mendengar kandungan astaxanthin, namun kekuatan antioksidannya jauh lebih efektif untuk menangkal radikal bebas.

Astaxanthin dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, situs superfoodly menyebutkan pigmen warna merah atau pink ini lebih kuat 6000 kali lipat dari vitamin C dan antioksidan populer lainnya. Tahukan Anda dengan makanan yang mengandung astaxanthin? Melansir dari natur-e.co.id, inilah 3 makanan yang mengandung astaxanthin, yaitu:

1. Salmon

Makanan kaya astaxanthin pertama adalah salmon. Salmon mengandung astaxanthin yang cukup tinggi, berkisar dari 4 hingga 40 miligram per kilogram. Kadar pigmen tertinggi ditemukan pada jenis salmon Pasifik ketimbang Atlantik.

Selain itu, salmon yang berkembang di alam liar memiliki jumlah astaxanthin yang lebih besar dari pada yang dibudidayakan. Ternyata, salmon tidak menghasilkan astaxanthin sendiri tapi mendapatkannya dari proses rantai makanan yang ada di laut.

Baca Juga: Inilah Manfaat Ekstra Daun Blackcurrant dan Raspberry untuk Wajah, Sudah Tahu?

2. Ganggang Merah dan Yeast

Selanjutnya, makanan kaya astaxanthin yaitu ganggang merah dan yeast. Haematococcus pluvialis, alga yang sangat kecil atau mikroalga yang ditemukan di lingkungan laut. Namun, Anda tidak bisa secara teratur mengonsumsinya, padahal banyak suplemen astaxanthin dosis tinggi berasal dari ganggang merah ini. 

Ragi, Phaffia rhodozyma, juga menghasilkan astaxanthin dalam jumlah besar dan digunakan untuk membuat suplemen. Bentuknya pun bermacam-macam, termasuk kapsul, minyak hingga bubuk yang ditambahkan selama pengolahan makanan. Anda bisa mengonsumsi makanan ini yang dikemas dari suplemen. 

3. Seafood Lainnya 

Makanan kaya astaxanthin lainnya yaitu makanan seafood. Seafood yang memiliki warna merah atau merah muda saat dimasak merupakan sumber astaxanthin. Udang misalnya, saat mentah warna badannya biru keabu-abuan tapi berganti menjadi merah muda yang cerah saat dimasak.

Beberapa sumber potensial astaxanthin termasuk trout, krill, lobster, kepiting dan udang karang. Namun, kadar astaxanthin di dalam seafood ini biasanya lebih sedikit ketimbang yang ada di ikan salmon. Selain itu, kebanyakan juga berada dalam cangkang atau sisik yang tidak dapat dimakan sehingga tidak dapat dikonsumsi secara langsung.

Selanjutnya: 4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News