Bugar

Ketahui 3 Manfaat Perilla untuk Kulit Wajah yang Perlu Anda Tahu

Ketahui 3 Manfaat Perilla untuk Kulit Wajah yang Perlu Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Mungkin masih jarang yang tahu, inilah beberapa manfaat perilla untuk kulit wajah di dalam produk skincare

Daun perilla atau shiso perilla adalah tanaman termasuk dalam famili mint (tanaman Lamiaceae), di mana tanaman herbal yang daun dan bijinya dapat digunakan untuk membuat obat.

Tanaman ini terkenal di negara Asia, seperti Jepang dan Vietnam. Daun perilla mengandung asam lemak omega-3, mineral, seperti kalsium, magnesium, dan kalium, serta beragam senyawa, mulai dari antioksidan, antibakteri, antijamur, antiperadangan, antialergi, hingga antitumor.

Baca Juga: Cuaca Lagi Panas dan Terik, Ini 4 Alasan Kenapa Harus Pakai Sunscreen

Oleh sebab itu, daun perilla bisa dijadikan sebagai bahan baku produk skincare. Simak tiga manfaat perilla untuk kulit wajah, dikutip dari blog.avoskinbeauty.com

1. Mencerahkan kulit

Manfaat daun perilla adalah mencerahkan kulit. Ekstrak daun perilla memiliki kemampuan untuk menghambat sintesis tirosinase dan sintesis melanin pada hewan uji.

Wajar saja jika daun perilla dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu bahan baku produk pencerah kulit.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kulit Awet Muda Secara Alami, Wajib Coba

2. Mengurangi kemunculan reaksi alergi

Manfaat perilla untuk kulit wajah selanjutnya adalah mengurangi kemunculan reaksi alergi. 

Menurut penelitian dari Journal of the British Society for Allergy and Clinical Immunology, daun perilla mengandung senyawa asam rosmarinat yang mampu mencegah dan mengurangi gejala reaksi alergi pada saluran pernapasan, seperti batuk dan pilek.

Meskipun begitu, penggunaan perilla dalam skincare juga lebih ringan dan kemunculan reaksi alergi ini sangat minim.

3. Kaya antioksidan

Terakhir, daun perilla dipercaya dengan kaya antioksidan. Daun perilla ini diketahui memiliki sifat antioksidan karena komponen fenolik yang ada di dalamnya.

Antioksidan akan membantu menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit metabolik lainnya.

Daun yang berwarna ungu, dinilai memiliki sifat antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan daun yang berwarna hijau. Antioksidan ini berfungsi juga untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kekenyalannya.

Jadi, itulah manfaat daun perilla untuk kulit wajah. Jika Anda tertarik dengan manfaatnya, pilihlah produk skincare yang mengandung bahan perilla. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News