HOME, Keluarga

Kenali Penyakit Bercak Hitam pada Mawar dan Cara Mengatasinya!

Kenali Penyakit Bercak Hitam pada Mawar dan Cara Mengatasinya!

MOMSMONEY.ID - Keindahan tanaman bunga mawar memang tak diragukan lagi. Ada banyak ragam warna bunga mawar yang dapat dipelihara di rumah. Sayangnya, tak jarang keindahan daunnya ternodai oleh bercak-bercak hitam yang disebabkan oleh jamur.

Nama penyakit ini adalah bercak hitam atau bintik hitam. Penyakit ini disebabkan oleh jamur colletotrichum lindemuthianum. Biasanya penyakit ini terbawa sejak tanaman masih menjadi benih, namun juga bertahan pada sisa-sisa tanaman dan inang. 

Selain mawar, tanaman buncis juga sangat rentan terserang penyakit bercak hitam.

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Tanaman paling mudah tertular penyakit bercak hitam pada musim hujan, saat angin berhembus kencang. Tanaman yang terjangkit jamur ini akan menyebarkan spora dan hinggap pada tanaman lain. Selain itu, suhu sejuk hingga sedang (13-21 derajat celcius), kelembapan tinggi, embun, dan dedaunan yang basah mendukung siklus hidup jamur ini.

Dilansir dari plantix.net, gejala yang muncul saat tanaman mengalami penyakit bercak hitam adalah pembuluh daun dan tangkai daun membentuk luka yang bersudut-sudut berwarna merah bata hingga menghitam. Awalnya muncul di bagian bawah daun, kemudian menyebar sampai ke atas daun. Bentuk bercak ini umumnya melingkar, berwarna cokelat muda hingga warna karat, lalu dikelilingi tepian hitam. 

Bagi petani, penyakit bercak hitam sangat meresahkan. Sebab, jamur ini sangat mudah menulari bagian tanaman sehat yang lain. Jika tak dikendalikan dengan tepat, penyakit ini akan merugikan. Dilansir dari cybex.pertanian.go.id, jamur penyebab bercak hitam dapat menyerang saat persemaian, yang bisa menyebabkan bibit tanaman mati membusuk pada koleoptil, batang, dan akar.

Jika yang terjangkit jamur ini adalah tanaman yang berbuah, maka kualitas atawa mutu buah yang dihasilkan akan turun. 

Baca Juga: Tanaman Hias Beracun yang Berbahaya Ditaruh di Dalam Rumah

Nah, bagaimana mengatasi bercak hitam pada daun? Caranya dengan menghilangkan bagian tanaman yang terjangkit penyakit. Memotong bagian daun yang terjangkit bertujuan agar jamur tak menulari bagian daun yang lain.

Setelah membuang bagian daun yang terjangkit jamur, lakukan upaya pencegahan agar bercak hitam tak menyerang tanaman lagi. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian fungisida yang mengandung mancozeb, chlorothalonil, flutriafol, penconazole, atau porduk berbahan dasar tembaga saat daun-daun kering.

Selanjutnya: Begini Cara Atasi Busuk Akar pada Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News