Bugar

Kenali Makanan Laut yang Kaya Vitamin A untuk Tubuh

Kenali Makanan Laut yang Kaya Vitamin A untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang memiliki manfaat, sehingga perlu dicukupi kebutuhannya. Ada banyak makanan laut yang bisa mencukupi asupan vitamin A untuk  tubuh.

Makanan laut (seafood), disebut juga boga bahari merupakan hidangan yang berasal dari olahan tumbuhan dan hewan yang berasal dari laut.

Selain tidak pernah gagal menggugah selera, makanan laut juga memiliki kandungan gizi dan segudang manfaat bagi tubuh yang sayang untuk dileawatkan.

Dilansir dari Diet & Fitness Today, inilah beberapa makanan laut yang kaya vitamin A untuk tubuh dan perlu dikonsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Penuh Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

Kerang

Kerang seberat 100 gram yang direbus masih memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 171 mcg. Angka ini bisa mencukupi 6% dari kebutuhan harian tubuh terhadap nutrisi ini.

Berbeda lagi saat tepung ini sudah diolah dengan cara digoreng, kandungan vitamin A menurun menjadi 91 mcg, mencukupi 3% kebutuhan harian. 

Ikan haring

Makanan laut lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi guna mencukupi kebutuhan vitamin A adalah ikan haring. Disebutkan, per 100 gram dari ikan ini mengandung 258 mcg vitamin A, setara dengan 9% kebutuhan harian tubuh.

Ikan kembung

Per 100 ikan laut ini mengandung 218 mcg vitamin A, atau setara 7% kebutuhan harian dari tubuh.Agar turun tidak terlalu jauh, ada baiknya untuk direbus atau dikukus.

Kadar nutrisi tersebut dibisakan saat ikan ini dikonsumsi secara mentah, jika diolah lagi, maka kandungan vitamin A yang ada tentu bisa menurun. 

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan tuna

Salah satu makanan laut yang kaya vitamin A adalah tuna. Sebanyak 100 gram dari ikan ini mengandung 655 mcg vitamin A, mencukupi kebutuhan harian tubuh sebesar 22%. Kandungan tersebut dibisakan saat dikonsumsi secara mentah.

Perlu diketahui jika tubuh membutuhkan asupan vitamin A sebesar 3000 mcg. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang sehat sangat diperlukan, termasuk ikan tuna ini.

Ikan salmon

Ikan salmon juga termasuk makanan laut yang terkena karena berbagai nutrisi menyehatkan. Bukan hanya itu, ikan ini juga nikmat disantap, bahkan saat mentah.

Ikan yang kerap dijadikan bahan dasar sushi ini mengandung 136 mcg vitamin A tiap 100 gram. Angka ini setara dengan 5% kecukupan harian yang dibutuhkan tubuh.

Maka dari itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi ikan ini, tetapi perhatikan kebersihannya jika makan secara mentah.

Meski sehat dan kaya akan nutrisi, macam-macam makanan seafood juga perlu dibatasi konsumsinya. Terlebih untuk Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Pastikan Anda mengolahnya rendah garam, rendah gula, rendah lemak, dan hindari proses menggoreng agar manfaat kesehatan dari seafood tetap bisa dinikmati tanpa perlu khawatir mengganggu kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News