Bugar

Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan jantung menjadi bagian penting dalam perencanaan hidup sehat dan berkualitas. Untuk itu, Anda perlu memilah makanan yang perlu dikonsumsi dan mana yang tidak.

Pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi bisa memberikan peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan jika semabrangan bisa membuat kesehatan jantung menurun.

Makanan tertentu bisa memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Untuk itu, penting untuk mengonsumsi makanan sehat untuk kinerja jantung. menurut Mayo Clinic, inilah jenis makanan sehat yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Sederet Manfaat Jambu Mede untuk Kesehatan Tubuh

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna sarat kaya akan asam lemak omega-3, yang memang baik untuk kesehatan jantung. 

Asam lemak omega-3 dari ikan bisa mengurangi risiko penyakit aritmia. Suplemen minyak ikan juga telah terbukti bisa mengurangi trigliserida darah, meningkatkan fungsi arteri, dan menurunkan tekanan darah.

Tahu

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung yang kedua adalah tahu. Mengonsumsi tahu sebagai produk protein nabati yang kaya akan mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda akan menyehatkan jantung. 

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber vitamin K yang bagus, yang membantu melindungi arteri. 

Kandungan nitratnya juga berperan untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. 

Baca Juga: Luar Biasa! Ternyata Kacang Almond Bisa Mencegah Gejala dari 5 Penyakit Ini

Buah beri

Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry adalah buah beri yang mengandung nutrisi penting dan baik untuk kesehatan jantung. 

Buah beri kaya akan antioksidan seperti anthocyanin, yang memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Alpukat

Sama seperti buah beri, alpukat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. 

Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Satu buah alpukat mengandung 975 miligram potasium, atau sekitar 28 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh. 

Mengikuti diet jantung memang bukan perkara mudah. Jika Anda kesulitan, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut pada dokter yang menangani kondisi Anda maupun ahli gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News