Bugar

Luar Biasa! Ternyata Kacang Almond Bisa Mencegah Gejala dari 5 Penyakit Ini

Luar Biasa! Ternyata Kacang Almond Bisa Mencegah Gejala dari 5 Penyakit Ini

MOMSMONEY.ID - Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang pohon yang mengandung banyak nutrisi dan rendah karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cara menikmati kacang almond pun beragam, mulai dari dipanggang, dijadikan taburan kue kering, atau diolah menjadi susu almond.

Kacang almond kaya akan lemak sehat dan antioksidan serta memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya.

Baca Juga: Bisa Dicoba! 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Dilansir dari Mayo Clinic, berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan, di antaranya:

Mengurangi risiko gangguan jantung

Kacang Almond menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang ternyata bisa membantu meningkatkan kadar lemak baik di dalam tubuh. Mengonsumsi kacang ini juga diyakini efektif untuk menjaga jantung tetap sehat.

Konsumsinya yang dibarengi dengan pola makan sehat dipercaya bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Menurunkan risiko penyakit kanker

Kandungan antioksidan di dalam kacang almond dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker, seperti kanker usus besar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kacang almond bisa mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh, yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker.

Mengontrol gula darah

Indeks glikemik kacang almond yang rendah menjadikan kacang ini baik dikonsumsi bagi pengidap diabetes tipe 2. Sebab, konsumsinya tidak akan memicu peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, pengidap diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kacang almond juga cenderung mempunyai gula darah yang lebih terkendali. 

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Jarak, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Membandel

Menstabilkan tekanan darah

Manfaat kacang almond lainnya bisa membantu mencegah dan menstabilkan tekanan darah. Kandungan magnesium yang tinggi ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kacang almond tampak mengalami penurunan tekanan darah.

Mengurangi risiko kolesterol tinggi

Manfaat kacang almond ini karena kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E sendiri memiliki peran aktif sebagai antioksidan yang memberikan perlindungan pada sel darah dari risiko kerusakan.

Selain itu, kandungan ini juga mencegah terjadinya penyumbatan pada arteri yang terjadi karena kolesterol tinggi. 

Namun, sekali lagi, semua manfaat tersebut tidak bisa Anda bisakan serta merta hanya dengan mengonsumsi kacang almond.

Anda tentunya harus mengimbanginya dengan pola makan serta pola hidup sehat. Misalnya mengurangi makanan tinggi lemak, gula, dan garam, cukup istirahat, dan rutin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News