HOME, Keluarga

Kenali Jenis-Jenis Kayu yang Sering Digunakan untuk Furnitur Rumah

Kenali Jenis-Jenis Kayu yang Sering Digunakan untuk Furnitur Rumah

MOMSMONEY.ID - Kayu merupakan salah satu bahan furnitur yang paling populer, sebab sumber dayanya cukup melimpah, sifatnya yang tahan lama, dan mudah dibentuk.

Namun, tidak sembarang kayu bisa dijadikan furnitur. Ada beberapa jenis kayu tertentu yang memiliki karakteristik khas, sehingga lebih cocok dijadikan furnitur dibandingkan kayu lainnya. Dengan mengetahui jenis kayu apa saja yang digunakan pada suatu furnitur, Anda bisa mengira-ngira kualitasnya sehingga dapat membantu Anda memilih furnitur kayu yang tepat.

Kira-kira, kayu apa saja yang sering digunakan untuk furnitur rumah? Dilansir dari Courtina dan Homemakers, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler, Jangan Sampai Tertukar!

Kayu jati

Jika membicarakan kayu untuk furnitur rumah, mungkin kayu jati adalah jenis kayu pertama yang akan muncul di pikiran Anda.

Jenis kayu yang satu ini memang termasuk bahan furnitur yang sangat populer. Kayu jati memiliki kualitas yang tinggi, awet dan tahan lama, serta tahan dari rayap, sehingga harganya cenderung mahal. Kayu jati merupakan jenis kayu yang keras dengan kandungan minyak alami di dalamnya, sehingga kurang cocok jika dipoles dengan warna solid.

Kayu pinus

Jika Anda menginginkan furnitur kayu dengan harga yang terjangkau, coba pilih furnitur yang terbuat dari kayu pinus. Disebut juga sebagai jati belanda, kayu pinus memiliki harga yang cenderung terjangkau sebab berasal dari bekas kayu palet. Jadi, kayu ini terbuat dari bahan daur ulang yang pastinya sustainable.

Selain itu, kayu pinus memiliki sifat yang ringan dengan warna yang terang, sehingga kayu ini sangat cocok untuk dijadikan furnitur bergaya rustic atau minimalis. Warnanya yang terang juga membuat kayu pinus mudah ditimpa dengan warna solid.

Kayu mahoni

Selanjutnya, ada kayu mahoni yang terkenal dengan warna kemerahan yang cantik. Kayu ini kerap digunakan sebagai bahan utama dalam industri mebel Jepara.

Kayu mahoni memiliki sifat berserat halus dan lunak, serta memiliki penampilan yang natural dan klasik. Oleh karena itu, kayu ini cocok digunakan untuk furnitur indoor yang terkesan elegan dan timeless serta berukuran besar, misalnya meja makan.

Baca Juga: 4 Inspirasi Rumah Minimalis ala Korea, Simpel dan Estetik 

Kayu merbau

Kayu merbau merupakan jenis kayu dengan grade sedikit di bawah kayu jati, sehingga kayu ini populer sebagai alternatif furnitur kayu jati.

Kayu merbau memiliki warna coklat kemerahan yang cantik dan cukup tahan terhadap cuaca dan serangga. Kayu ini juga cukup padat dan keras, sehingga cocok untuk beragam jenis furnitur rumah, baik indoor maupun outdoor.

Kayu mindi

Kayu mindi merupakan jenis kayu yang populer sebagai alternatif kayu mahoni pada pembuatan mebel Jepara.

Kayu mindi memiliki sifat yang keras, tapi mudah pecah dan melengkung sehingga harus diperlakukan secara hati-hati. Kayu ini memiliki serat yang bagus dengan warna natural, jadi sangat cocok untuk furnitur bergaya minimalis.

Nah, itulah beberapa jenis kayu yang populer dijadikan bahan baku untuk furnitur rumah. Ketika memilih furnitur kayu, pastikan Anda mengetahui jenis kayunya untuk mengetahui kualitasnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Selanjutnya: Waspada, 8 Hewan Ini Sering Muncul di Rumah Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News