Bugar

Kenali, Ini 5 Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi

Kenali, Ini 5 Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh makan-makanan yang tidak sehat. Contohnya gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh.  

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.  

Dilansir dari Healthline, inilah lima tanda Anda mengidap kolesterol tinggi, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang pertama adalah kaki dan tangan mudah kesemutan. Gejala ini timbul akibat kolesterol tinggi.

Bahkan, terkadang kaki ini juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.  

Kadar kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki Anda menyempit. 

2. Nyeri di bagian tengkuk

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang kedua adalah nyeri di bagian tengkuk. Nyatanya keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi. 

Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.  

3. Gampang lelah

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang ketiga adalah gampang lelah. Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. 

Kondisi ini merupakan salah satu gejala yang mungkin Anda alami. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.  

Baca Juga: Sederet Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

4. Dada terasa nyeri

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang keempat adalah dada terasa nyeri. Nyeri dada atau sering disebut sebagai angina merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. 

Artinya, saat Anda mengalami kondisi tersebut, bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi di dalam darah.  

5. Mudah merasa lelah dan nyeri di kaki

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang kelima adalah mudah merasa lelah dan nyeri di kaki. Hal ini yang membuat penderita kolesterol tinggi lebih mudah merasa lelah.  

Plak di pembuluh darah yang muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan tes kolesterol untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Itulah beberapa tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News