Bugar

Bisa Dicoba, Ini Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Bisa Dicoba, Ini Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa daftar makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi. 

Umumnya pengidap penyakit jantung akan merasakan seperti nyeri dada, sesak napas, cepat lelah, pusing, dan kulit yang berubah menjadi kebiruan.

Berbagai pencegahan bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Mulai dari rutin melakukan olahraga dan mengatur pola makan yang sehat.

Melansir dari Web MD, Anda bisa melakukan pencegahan penyakit jantung dengan mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan jantung, seperti berikut: 

Baca Juga: 5 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Jika Dilakukan Rutin

1. Bawang putih

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah bawang putih. Tidak hanya itu, bawang putih juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hindari memakai bawang putih dengan tambahan perasa atau garam yang tinggi, ya. Hal ini karena dapat menyebabkan darah tinggi.

2. Oatmeal 

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang kedua adalah oatmeal. Oatmeal kaya akan serat yang bisa menjadi makanan sehat untuk jantung sehat.

Menurut American Journal of Lifestyle Medicine, rutin mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi kolesterol jahat dan kolesterol total tanpa efek samping.

Baca Juga: Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

3. Kacang-kacangan

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang ketiga adalah kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan seperti almond, kenari dan walnut baik dijadikan camilan sehat.

Namun sebaiknya, pilihlah kacang yang belum diberi perisa asin atau masih alami, ya. Sehingga manfaatnya bisa diserap tubuh secara maksimal.

4. Tahu

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang selanjutnya adalah tahu. Kandungan kacang kedelai pada tahu bisa menurunkan risiko gangguan jantung.

Selain itu, tahu juga memiliki kandungan saponin, kandungan senyawa yang menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Alami untuk Mengatasi Nyeri Haid

5. Sayuran hijau

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang terakhir adalah sayuran hijau. Tentunya berbagai jenis sayuran hijau akan mudah untuk ditemui.

Berbagai jenis sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan juga selada baik dikonsumsi karena memiliki kalori, serat dan rendah lemak.

Itulah beberapa makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News