Santai

Kenali Ciri dan Penyebab Cherophobia, Ketakutan Merasa Bahagia

Kenali Ciri dan Penyebab Cherophobia, Ketakutan Merasa Bahagia

MOMSMONEY.ID - Kenali ciri, tanda, dan penyebab dari gangguan yang dikenal dengan nama cherophobia berikut ini.

Tak jarang, beberapa orang kerap merasakan rasa takut untuk merasa bahagia. Begitu juga merasa takut saat sedang berada dalam kondisi bahagia.

Ternyata fenomena tersebut merupakan sebuah fenomena yang disebut dengan cherophobia. Cherophobia merupakan sebuah fenomena psikologi dimana adanya rasa takut akan mengalami kebahagiaan.

Baca Juga: Catat 4 Serial Baru Netflix Akan Tayang Minggu Ini, Ada Viking Valhalla

Dilansir dari laman Wikipedia, cherophobia adalah sebuah perasaan takut yang dirasakan seseorang untuk bahagia hingga mereka melakukan berbagai cara untuk menghindari perasaan bahagia tersebut.

Seseorang yang mengalami cherophobia bukanlah orang yang selalu terlihat sedih, namun lebih tepatnya adalah orang-orang yang menjauhi banyak kegiatan yang memicu kesenangan mereka.

Penyebab cherophobia adalah ada ketakutan yang dirasakan bahwa setelah bersenang-senang mereka akan mengalami kesedihan.

Sehingga, siapa pun yang mengalami cherophobia akan cenderung menghindari merasakan momen-momen yang memicu kebahagiaan sebagai salah satu cara untuk mencegah datangnya kesedihan setelahnya.

Rasa takut tersebut pun juga biasanya dirasakan oleh orang-orang yang memiliki trauma akan masa lalunya. Hingga akhirnya, mereka menggunakan cara tersebut untuk menghindari hal hal yang memicu kembali ketakutan mereka.

Baca Juga: Ini 4 Tanda Anda Kecanduan Sosial Media, Harus Detox Sosmed

Laman Health Line menyebutkan, gejala yang mungkin dirasakan bagi orang yang mengalami cherophobia adalah merasakan kecemasan saat berada dalam keramaian atau aktivitas menyenangkan seperti menonton konser atau pesta.

Selain itu, orang yang mengalami cherophobia juga cenderung menjauhi dan menolak undangan atau ajakan untuk mengikuti kegiatan yang menyenangkan.

Bukan hanya seorang yang memiliki trauma, seorang perfeksionis juga kerap kali mengalami hal serupa. Hal tersebut dikarenakan akan kepercayaan mereka bahwa melakukan kegiatan senang-senang adalah salah satu hal yang tidak produktif.

Introvert pun juga rentan mengalami cherophobia lantaran mereka lebih nyaman untuk melakukan segalanya sendiri. Mereka akan berusaha sebisa mungkin menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang dan memungkinkan terjadinya konflik atau hal buruk yang menimpanya.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang tanda, ciri, dan penyebab seseorang mengalami kondisi cherophobia. Anda pernah merasakannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News