Santai

Ini 4 Tanda Anda Kecanduan Sosial Media, Harus Detox Sosmed

Ini 4 Tanda Anda Kecanduan Sosial Media, Harus Detox Sosmed

MOMSMONEY.ID - Terlalu banyak bermain sosial media bisa menyebabkan ketagihan, ketahui tanda kecanduan sosial media ini.

 
Bermain media sosial hingga merasa seperti kecanduan bukanlah suatu hal yang baik. Kecanduan bermain media sosial bisa berbahaya bagi kesehatan mental.
 
Kecanduan bermain media sosial bisa memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan juga mental seseorang. 
 
 
Maka dari itu penting untuk memperhatikan beberapa tanda kecanduan bermain media sosial.
 
 
Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berhenti bermain media sosial? Berikut beberapa tanda Anda telah kecanduan sosial media seperti yang telah dirangkum dari laman Cleveland Clinic.
 
Mudah merasa tersinggung
 
Ketika Anda menemukan diri Anda mudah marah atau tersinggung dengan posting yang Anda lihat di media sosial, ini adalah tanda Anda terlalu sering menggunakan social media.
 
Merasa stres dengan apapun yang dilihat di media sosial dan merasa sosmed sudah tidak asik lagi adalah tanda bahwa Anda harus beristirahat dari sosial media.
Tidak bisa berhenti membandingkan
 
Membandingkan diri atau pun keadaan merupakan salah satu dampak buruk yang dihasilkan dari kecanduan bermain media sosial.
 
Media sosial merupakan tempat orang-orang untuk memamerkan kesuksesan dan pencapaiannya saja. Memamerkan kegagalan merupakan hal yang tidak wajar dalam media sosial.
 
 
Sehingga, ketika Anda sudah tidak bisa berhenti membandingkan diri dan keadaan, itu merupakan tanda Anda harus berhenti bermain media sosial.
 
Membuang waktu di media sosial
 
Menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial tanpa batasan bisa membuat seseorang menjadi kecanduan bermain sosial media.
 
Scrolling di media sosial dengan waktu yang sedikit namun rutin akan membuat seseorang menjadi semakin kecanduan dan tak bisa lepas dari sosial media.
 
Jadi, ketika Anda merasa sudah terlalu lama membuang waktu di media sosial, itu adalah salah satu tanda untuk mulai berhenti bermain sosial media.
 
Mudah merasakan FOMO
 
FOMO (fear of missing out) adalah sebuah tanda lain yang menjadi tanda Anda harus mulai berhenti bermain sosial media. FOMO juga merupakan sebuah tanda seseorang yang ketagihan bermain sosial media.
 
Sebuah studi mengungkapkan bahwa sebanyak 80% pengguna ponsel pintar akan mengecek ponselnya 15 menit setelah mereka bangun tidur.
 
Hal tersebut dilakukan agar tidak ketinggalan berita atau update terbaru dari sosial media yang bisa memicu meningkatnya stres dan anxiety.
 
Nah, jika sering merasakan beberapa tanda tersebut, maka sudah saatnya untuk beristirahat bermain sosial media, sebelum kecanduan sosial media menjadi makin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News