HOME, Santai

Kenali Beberapa Tanda Seseorang Mengalami Insecurity

Kenali Beberapa Tanda Seseorang Mengalami Insecurity

MOMSMONEY.ID - Insecurity adalah sebuah ungkapan untuk menjelaskan sebuah kondisi dimana seseorang merasa ada yang aneh dengan diri mereka.

Biasanya insecurity ini juga diikuti dengan perasaan anxiety atau kepanikan atau kekhawatiran tentang diri sendiri, impian, dan bahkan hubungan dengan orang lain.

Melansir dari laman Web MD, insecurity sendiri bisa terjadi dan menimpa siapa pun dalam usia berapa pun.  Penyebab munculnya perasaan insecurity juga beragam.

Baca Juga: Viral Dipakai Lisa Blackpink, Ini Dia Segudang Manfaat Ear Seeds bagi Kesehatan

Ada yang disebabkan karena trauma, kondisi sosial ekonomi, pergaulan, lingkungan sekitar, dan bahkan karena sebuah pola di masa lalu dengan menunjukkan beberapa tanda. Berikut ini adalah beberapa tanda insecurity.

Harga diri rendah

Tanda pertama yang biasa muncul dari seseorang yang mengalami insecurity adalah adanya rasa harga diri yang renadah.

Hal ini bisa berupa pikiran yang menganggap diri rendah, menganggap diri tidak memiliki kelebihan, dan bahkan selalu beranggapan negatif pada diri sendiri.

Membandingkan diri

Tanda lain seseorang mengalami insecurity atau ketidakamanan adalah adanya kecenderungan untuk selalu membandingkan diri dengan orang lain.

Baca Juga: Pernah Dengar Imposter Syndrome? Berikut Ini Penjelasan dan Cirinya

Keinginan untuk membandingkan diri dengan orang lain ini bisa juga menyebabkan seseorang untuk merubah diri menjadi seorang lain yang selama ini dianggap lebih baik dirinya.

Menganggap tak ada yang menyukai

Biasanya seseorang yang mengalami insecurity akan menganggap bahwa diri mereka tidak sempurna dan tak ada orang yang akan menyukai mereka.

Melansir dari laman Mind Body Green, yang perlu dilakukan adalah menghapus asumsi tersebut dan bersyukur dengan menghabiskan waktu untuk berfokus dengan orang orang yang mencintai Anda dibanding dengan yang tidak.

Merasa diri kurang

Merasa diri kurang atau tidak pernah cukup juga merupakan salah satu tanda seseorang mengalami insecurity.

Merasa sensitive terhadap kritik dan mudahnya merasa tersakiti adalah tanda dari insecurity. Selain itu merasa diri lemah dan tidak pantas mendapatkan hal baik karena kekurangan yang dimiliki juga merupakan tanda dari insecurity.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News