Santai

Kenali 6 Jenis Batasan Sehat Ini, Coba Mulai Terapkan Yuk

Kenali 6 Jenis Batasan Sehat Ini, Coba Mulai Terapkan Yuk

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jenis batasan positif yang bisa mulai Anda terapkan dalam kehidupan.

Menerapkan batasan-batasan atau boundaries tentu perlu Anda lakukan untuk mengetahui kontrol diri dan orang lain.

Batasan positif dan sehat adalah salah satu yang perlu Anda terapkan.

Beberapa jenis batasan positif bisa Anda gunakan untuk membantu memberikan kontrol diri, kontrol orang lain, serta meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko stres.

Apa saja kah batasan positif yang perlu Anda terapkan? Berikut beberapa batasan atau boundaries yang sehat dan positif yang bisa Anda terapkan dalam keseharian:

Baca Juga: Bisa Rusak Metabolisme, Ini 4 Dampak Tidak Sarapan bagi Kesehatan

Batasan fisik

Batasan atau boundaries pertama yang harus Anda perhatikan adalah tentang batasan fisik. Termasuk di dalamnya adalah kebutuhan akan ruang lingkup pribadi, kontak fisik dari orang lain, dan kebutuhan fisik seperti makan, minum, dan istirahat.

Contoh dari batasan ini adalah dengan memberitahu orang tentang batasan kontak fisik, jenis diet yang dikonsumsi, serta meminta waktu pribadi.

Batasan emosional

Melansir dari laman Mind Body Green, batasan emosional adalah segala sesuatu tentang memberikan respek pada perasaan, emosi, dan energi diri sendiri. Menerapkan batasan ini berarti menjadi tanda kesadaran akan penggunaan energi emosi yang biasanya sulit untuk dikontrol.

Dengan menghargai batasan emosional diri sendiri dan orang lain berarti membantu untuk memberi validasi pada perasaan orang lain memberikan waktu bagi orang lain untuk memproses energi emosinya.

Batasan finansial

Tak hanya emosi dan fisik saja yang perlu diperhatikan. Ada juga batasan finansial yang juga harus mulai Anda atur. Batasan finansial adalah segala hal yang berkaitan dengan masalah keuangan serta gaya hidup.

Dengan memiliki batasan ini, maka hal-hal buruk tentang masalah keuangan dan finansial akan lebih bisa diatasi dibanding yang tidak memiliki batasan ini.

Baca Juga: Jadwal Tayang dan Sinopsis The Interest of Love, Drakor Baru Netflix

Batasan seksual

Baik bagi yang sudah berumah tangga maupun yang belum, menerapkan batasan seksual juga perlu untuk dilakukan. Laman Psych Central menjelaskan, batasan ini termasuk dalam hal consent dan intimasi yang ingin dimiliki oleh diri sendiri.

Termasuk di dalamnya adalah dengan mengetahui consent pasangan, menghargai diri sendiri, menghargai preferensi seksual diri dan orang lain, serta menghargai privasi.

Batasan intelektual

Batasan intelektual adalah batasan positif yang mengatur perihal kepercayaan dan pemikiran pribadi. Selain itu, masalah ide, pemikiran, dan keingintahuan juga bisa diatur dengan menerapkan batasan intelektual.

Batasan intelektual yang sehat bisa terlihat melalui sikap menghargai pendapat orang lain, mengetahui waktu yang tepat untuk berdiskusi, serta menghargai pemikiran orang lain yang tidak sama dengan pemikiran pribadi.

Batasan waktu

Batasan positif lainnya yang juga harus mulai diterapkan adalah batasan waktu. Waktu merupakan harta berharga yang dimiliki setiap orang, maka dari itu penting untuk mulai menerapkan batasan waktu untuk diri sendiri dan orang lain.

Dengan menerapkan batasan ini, maka kesadaran akan prioritas juga akan bertambah. Sehingga, lebih mudah untuk mengatur waktu yang bisa diberikan pada orang lain dan diri sendiri.

Itulah tadi beberapa batasan atau boundaries positif yang sehat dan sebaiknya mulai Anda terapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News