Kenali 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 12:32 WIB
Kenali 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

ILUSTRASI. Kenali 5 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Perempuan

MOMSMONEY.ID - Bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit belakangan ini, selain jogging dan berlari. Terlebih lagi saat ini juga ada sejumlah jalur khusus sepeda yang membuat Anda lebih merasa aman saat bersepeda.

Bersepeda merupakan opsi low-impact exercise, yakni jenis olahraga yang umumnya direkomendasikan bagi orang yang baru mulai berolahraga, obesitas, atau rentan mengalami cedera, dilansir dari Health Focus.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan bersepeda secara rutin.

1. Menjaga berat tubuh

Bersepeda pada intensitas tinggi membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mempromosikan manajemen berat badan yang sehat.

Dilansir dari Healthline, manfaat bersepeda juga meningkatkan metabolisme dan membentuk otot yang memungkinkan Moms membakar lebih banyak kalori, termasuk saat istirahat.

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jintan Hitam untuk Kesehatan

2. Mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah

Memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam olahraga harian bisa membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

Sebuah studi dari British Journal of Sport Science Medicine pada 2018 menemukan bahwa berolahraga dengan intensitas tertentu dapat memperbaiki hipertensi.

Bahkan, efek yang ditimbulkan sama seperti saat orang tersebut mengonsumsi obat resep. Walaupun begitu, tetap konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran medis terbaik.

3. Mengurangi risiko kanker

Jika Anda mempertahankan asupan makanan sehat dan seimbang, disertai bersepeda secara teratur, maka kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. 

Sebuah studi terbitan Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal. 

Sementara bagi penderita kanker dalam masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

4. Menjaga kesehatan sendi

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah, menjaga kesehatan sendi dan mengatasi kekakuan pada tubuh bagian bawah yang berkaitan dengan usia.

Berkaitan dengan intensitasnya, kamu bisa menyesuaikan dengan kekuatan dan kebutuhan.

5. Menjaga kesehatan mental

Bersepeda dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon dopamin. Hormon tersebut mampu memicu perasaan bahagia, meredakan stres, depresi, dan kecemasan yang kamu alami.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat bersepeda yang dapat kamu rasakan jika rutin melakukannya. Guna menunjang kesehatan tubuh, jangan lupa dibarengi dengan pola hidup sehat lainya.

Jika dalam praktiknya kamu mengalami cedera, segera buat janji temu dengan dokter.

Selanjutnya: Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak

Editor: Helvana Yulian
Terbaru