Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jintan Hitam untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 10:49 WIB
Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jintan Hitam untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jintan Hitam untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Jintan hitam atau Nigella Sativa adalah tanaman obat yang populer digunakan di seluruh dunia dalam sistem pengobatan tradisional. 

Selama lebih dari 2000 tahun, manfaat jintan hitam yang berasal dari Asia Selatan dan Barat ini sudah dikenal.

Menurut Journal of Hindawi, banyak penelitian menunjukkan benih dari jintan hitam secara efektif melawan berbagai penyakit seperti saraf, mental, gangguan kardiovaskular, kanker, diabetes dan lainnya.

Di India, jintan hitam dibakar kering untuk membumbui kari, sayur tumis hingga samosa. Nah, berikut ini beragam manfaat jintan hitam untuk kesehatan.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

1. Bunuh bakteri yang berbahaya

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah membunuh bakteri yang berbahaya serta bertanggung jab atas daftar panjang infeksi seperti telinga hingga pneumonia.

Satu studi Medical Journal of The Islamic Republic of Iran menerapkan minyak jintan hitam secara topikal pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa jintan hitam sama efektifnya dengan antibiotik standar yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

2. Kandungan antioksidan

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat melindungi dari beberapa jenis kondisi kronis, termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Evidence Based Compelement Alternative Medical mengungkapkan beberapa senyawa yang ditemukan di jintan hitam, seperti thymoquinone, carvacrol, t-anethole dan 4-terpineol, bertanggung jawab atas sifat antioksidan yang kuat.

3. Jaga diabetes

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah menjaga diabetes. Studi lain pada 57 orang dengan diabetes menunjukkan bahwa suplementasi dengan jintan hitam selama satu tahun menurunkan kolesterol total dan LDL, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL.

Terakhir, sebuah penelitian Journal of Family and Community Medicine pada 94 penderita diabetes memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengonsumsi 2 gram jintan hitam setiap hari selama 12 minggu mengurangi kolesterol total dan LDL .

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 5 Tanaman Ini Ampuh Sembuhkan Cacar Air

4. Turunkan berat badan

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi jintan hitam dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI).

Peserta penelitian tidak melaporkan efek samping yang parah dari penggunaan minyak jintan hitam.

Sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders pada 2013 menemukan bahwa minyak jintan hitam bisa efektif dalam mengatasi obesitas.

5. Dipercaya sebagai obat hipertensi

Jintan hitam secara luas dilaporkan memiliki sifat antihipertensi yang membantu menurunkan tekanan darah.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam Phytotherapy Research menemukan bahwa minyak jintan hitam secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik di antara 70 peserta.

Meski banyak sekali manfaatnya, tentu kamu tetap perlu menanyakan kembali pada dokter sebelum menggunakan jintan hitam sebagai obat. 

Selanjutnya: Apa Itu Adenovirus? Kenali Cara Penularan Risiko Penyakitnya

Editor: Helvana Yulian
Terbaru