AturUang

Kelola Keuangan Lewat Wealth Management, Simak Manfaat Layanan Ini

Kelola Keuangan Lewat Wealth Management, Simak Manfaat Layanan Ini

MOMSMONEY.ID - Mengenal layanan wealth management dari perbankan. Berikut ini manfaat wealth management dalam mengelola keuangan.

Kesadaran orang Indonesia akan berinvestasi memanglah belum besar. Perlu ada kesadaran dari masing-masing orang sekaligus lembaga yang siap membantu. 

Andy Nugroho, perencana keuangan Advisor Alliance Group, mengutarakan, wealth management dari perbankan menjadi satu bagian di dalam perencanaan keuangan dan memudahkan orang dalam mengelola kekayaan atau asetnya.

"Perencanaan keuangan dari judulnya saja kita sudah tahu, bahwa merencanakan keuangan dengan baik. Wealth management jadi satu bagian di dalamnya," ungkap Andy kepada MomsMoney.

Mengatur keuangan dalam jumlah besar bukanlah perkara mudah. Rasanya, tangan ini mudah sekali untuk mengeluarkan uang, padahal sulit untuk mengumpulkannya lagi.

Mau tak mau, orang yang punya aset besar harus paham mengelola keuangan dengan baik. Sekalipun tak paham, paling tidak mempercayakan ke orang yang memang memahaminya.

Baca Juga: Mengenal Piramida Keuangan, Bantu Menata Pemasukan dan Pengeluaran

Bicara soal mengatur keuangan, Andy mengatakan, ini menjadi persoalan, bagaimana mendapatkan uang dan bagaimana duit itu bisa berkembang. Jangan sampai, kekayaan yang bisa untuk menghidupi anak cucu hilang seketika gara-gara keteledoran semata.

Setali tiga uang, Melvin Mumpuni, perencana keuangan Finansialku, berpendapat, nasabah prioritas tak ada salahnya memanfaatkan fasilitas yang bank sediakan untuk memaksimalkan tujuan keuangan.

"Salah satunya, memaksimalkan hasil investasi," kata dia.

Nasabah kelas atas

Ya, wealth management memang identik dengan orang-orang kaya atau di dalam dunia perbankan dikenal dengan istilah high net worth individual (HNWI). Yakni, nasabah dengan aset likuid dalam jumlah besar.

Orang-orang seperti inilah yang mendapat fasilitas tambahan berupa layanan pengelolaan asetnya.

Tentu, dibanding aset para nasabah premium ini mengendap, ada baiknya diputar untuk menerjang inflasi.

"Caranya, bisa dengan membeli reksadana, obligasi, bahkan proteksi jiwa karena ada uang yang berbiak di dalamnya," ujar Andy.

Baca Juga: Simak, Inilah Tips Membeli Oligasi Pemerintah

Memang, tak masalah jika mau mengelolanya sendiri. Akan tetapi, tipikal nasabah prioritas adalah orang-orang kaya yang begitu sibuk mengurus bisnis atau pekerjaan mereka.

Literasi pun rasanya akan masuk kuping kiri keluar kuping kanan jika memang mereka dalam keadaan sibuk.

Dan, nasabah yang belum paham bakal menganggap wealth management bukan merupakan keharusan. Padahal, di balik istilahnya yang rumit, ada tenaga profesional yang sebenarnya akan membantu pengelolaan kekayaan nasabah.

Sederhananya, Melvin bilang, nasabah prioritas bisa meminta saran dari relationship manager untuk memaksimalkan benefit dari beragam produk investasi yang bank tawarkan.

Sebut saja, back to back, yakni menjaminkan aset likuid berbunga, seperti uang kas, obligasi, dan deposito, untuk memperoleh pinjaman.

Namun, perlu dicatat, setiap bank memiliki layanan wealth management yang berbeda. Tak bisa Anda sama ratakan fasilitas dan layanannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini, mulai TK hingga SMA

PermataBank, misalnya, memiliki keunikan dalam layanan wealth management (WM). Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank, menyebutkan, banknya menyiapkan produk dan layanan lengkap.

Nasabah disuguhkan produk investasi, bancassurance, foreign exchange, dan fasilitas WM backed-loan.

"Kami secara selektif memilih mitra penyedia produk wealth management serta dengan rutin melakukan due diligence terhadap produk maupun mitra kami secara berkala, untuk memastikan produk dan solusi WM PermataBank senantiasa up-to-date, aman, variatif dan optimal," tutur Djumariah.

Tentu, Djumariah memastikan, proposisi WM PermataBank tak sebatas produk. Nasabah juga dimanjakan dengan pendampingan WM profesional yang ahli di bidangnya.

Jadi, nasabah PermataBank juga bisa mengakses portofolio wealth management dan segala informasi yang berkaitan dengan layanan dan produk, baik melalui kanal digital PermataNet dan PermataMobile X maupun saluran konvensional seperti jaringan cabang yang luas di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Ujung-ujungnya, pilihan investasi ada di tangan masing-masing nasabah. Tak perlu khawatir bank akan menyetir gerak-gerik nasabah.

Baca Juga: Ini Lima Resolusi Finansial yang Bisa Dibuat Ibu Pekerja Tahun Depan

Begitu pun dengan Bank Negara Indonesia (BNI) juga memiliki layanan wealth management dengan keunggulan tersendiri.

Henny Eugnia, General Manager Wealth Management BNI, menjelaskan, sebagai salah satu bank yang menjadi pionir dalam memberikan layanan wealth management, tentunya banyak tantangan untuk menghadapi pasar yang semakin kompetitif dalam memberikan layanan serupa.

"Keutamaan yang diberikan kepada nasabah wealth management di BNI adalah solusi yang inklusif atau lebih mudah, disebut dengan one stop solution," beber Henny.

Dengan mengusung konsep layanan tersebut, Henny memastikan, nasabah wealth management BNI tidak hanya mendapatkan pendampingan khusus dalam kegiatan perbankan dan investasinya.

Lebih dari itu, nasabah termasuk family tree mereka bisa menikmati sederetan pilihan layanan dan exclusive privileges, yang tentu bank pelat merah itu sesuaikan dengan preferensi nasabah.

Bagaimana, tertarik menjadi nasabah wealth management dengan segala kelebihan dan keuntungan yang didapat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News