InvesYuk

Simak, Inilah Tips Membeli Obligasi Pemerintah

Simak, Inilah Tips Membeli Obligasi Pemerintah

MOMSMONEY.ID - Obligasi pemerintah adalah obligasi dalam bentuk surat utang yang Pemerintah Indonesia terbitkan. Berikut ini tips membeli obligasi pemerintah.

Obligasi pemerintah tidak hanya terbatas Saving Bond Ritel (SBR), ada pula beberapa produk seperti Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), Sukuk Ritel (SukRi), dan Sukuk Negara Tabungan (ST).

Tahun ini, akan ada beberapa obligasi pemerintah yang akan meluncur. Di antaranya adalah ORI023, ORI024, SR018, ST010, SR019, dan ST011.

Budi Raharjo, perencana keuangan OneShildt, mengatakan, saat membeli obligasi pemerintah, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu inverstor perhatikan.

Pertama, perhatikan dana yang investor gunakan untuk berinvestasi. Saran Budi, menggunakan dana untuk jangka panjang.

Baca Juga: Reksadana Berbasis Obligasi Bisa Jadi PIlihan Investasi di 2023

"Jangan pakai dana darurat karena tidak bisa dilikuidasi jika diperlukan, dan bukan dana arus kas sehari-hari atau pengeluran tahunan," ungkap Budi kepada MomsMoney.

Tips yang kedua, sesuaikan dengan kebutuhhan dan jangka waktu daripada investasi. Pesan Budi, investor jangan hanya tertarik melihat keuntungan dari investasinya saja, di sisi lain tidak ada persiapan keuangan untuk inevstasi ini.

"Sesuaikan pula dengan karakter dalam berinvestasi (profil risiko)," kata dia.

Tips ketiga atau terakhir adalah pahami dan pelajari ketentuan dari produk serta fiturnya dengan seksama.

Ada baiknya, berinvestasi pada instrumen yang memang Anda pahami. Tujuannya, untuk meminimalisir risiko investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News