Keluarga

5 Cara Mengajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini, mulai TK hingga SMA

5 Cara Mengajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini, mulai TK hingga SMA

MOMSMONEY.ID - Mengajari anak mengatur keuangan harus dilakukan sejak dini. Sebab, pendidikan keuangan bisa membawa anak jadi lebih teratur dalam hal finansial di masa depan.

Cara mengajari anak mengatur keuangan sedini mungkin juga menjadi objek sebuah penelitian. Sebuah studi pada 2018 dari National Financial Capability Study, yang dilansir dari Money Geek, menemukan, pendidikan keuangan berkolerasi erat dengan perilaku keuangan, misalnya, menabung dan berhemat.

Sebanyak 49% responden yang mendapatkan lebih dari 10 jam pendidikan keuangan bisa menghabiskan uang lebih sedikit dibanding yang mendapatkan pendidikan keuangan kurang dari 10 jam.

Baca Juga: Mudah Diterapkan, Ikuti 7 Tips Agar Anak Mau Makan Ikan Tanpa Banyak Menolak

Semakin dini anak mempelajari literasi keuangan, semakin besar dampak jangka panjangnya. Maka dari itu, MomsMoney bagikan bagaimana cara mengajari anak mengatur keuangan sesuai usianya.

Langsung saja intip berbagai cara ajari anak mengatur keuangan, yang dirangkum dari laman Money Geek dan Ramsey Solutions, selengkapnya.

Mengatur Keuangan di Usia TK/Prasekolah

Toples bening

Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia TK/pra sekolah adalah dengan mengajarkannya menabung pada toples bening.

Toples bening membuat anak jadi lebih mudah melihat uang-uang yang ditabungnya semakin bertambah sehingga dapat memotivasinya untuk terus menabung.

Baca Juga: Promo McD Februari 2023, Paket Family Time dan Weekend Serba Lengkap Ada Mainan Juga

Menghitung

Sejak dini anak harus sudah dikenalkan dengan uang. Salah satu cara ajari anak mengatur keuangan pada usia TK adalah dengan memperlihatkan dan mengenalkan jenis-jenis uang koin dan kertas dengan ragam warna & nominal yang berbeda.

Biarkan mereka mengenali perbedaannya, mengelompokkannya, lalu menghitung kumpulan uang itu.

Pertukaran

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia TK/pra sekolah bisa dengan mengajarkan apa arti kegunaan uang itu sendiri. Kegunaan uang adalah untuk pertukaran. Anak harus diajarkan bahwa uang hanya bisa ditukarkan 1x untuk melakukan pembelian terhadap sesuatu.

Pelajaran ini memang dinilai cukup sulit untuk usia TK, namun setidaknya anak jadi tahu bahwa untuk mendapatkan sesuatu, diperlukan uang sebagai bahan pertukarannya.

Baca Juga: 6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

Mengatur Keuangan di Usia SD-SMP

Tunjukkan biaya peluang

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia SD adalah dengan mengajarinya mengambil keputusan sendiri. Pada usia ini, anak-anak harus dapat mempertimbangkan keputusan dan memahami keputusan yang terjadi.

Misalnya, tunjukkan bahwa apabila anak membeli video game, maka anak tak akan punya uang untuk membeli sepatu karena uangnya sudah habis.

Hindari belanja impulsif

Pada usia SD, anak-anak sudah tahu bagaimana cara melakukan belanja impulsif, terutama jika menggunakan biaya orang lain (biaya orang tua).

Untuk itu, cara ajari anak mengatur keuangan pada usia ini dapat dilakukan dengan mendidiknya untuk tak membeli semua barang yang ia inginkan.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Delivery PHD 2023, Seloyang Fun Pizza Ukuran Personal Rp 20.000

Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Daging Ayam Segar Sebelum Membeli

Penghasilan

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia SMP bisa dengan melakukan percakapan & membahas tentang perlunya menemukan karir yang cocok untuk dirinya.

Jelajahi berbagai pilihan pekerjaan dan diskusikan tanggung jawab dan gaji masing-masing kerjaan. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menjelaskan mengapa gaji bukanlah selalu berapa banyak yang Anda bawa pulang.

Jelaskan juga mengenai pajak, jaminan sosial, premi asuransi, dan pemotongan lain dari gaji.

Budgeting

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia SMP adalah dengan melakukan budgeting/penganggaran. Ajarkan ia tentang keputusan keuangan seperti perencanaan untuk makan hingga anggaran belanja.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Mengatur Keuangan di Usia SMA

Akun bank

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia remaja/usia SMA dapat dilakukan dengan memberikannya akun bank sendiri. Berilah ia tanggungjawab untuk mengelola keuangannya sendiri.

Tabungan kuliah

Cara ajari anak mengatur keuangan pada usia SMA adalah dengan membuat mereka mulai menabung untuk biaya kuliahnya sendiri. Meski di usia ini rasanya sulit untuk melakukan kerja parut waktu, anak bisa menabung biaya kuliah sedikit demi sedikit dari sisa-sisa uang jajannya sehari-hari.

Itulah sederet cara ajari anak mengatur keuangan sejak usia TK hingga SMA. Bagi Moms yang memiliki anak, jangan telat untuk ajarkan uang sedini mungkin, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News