HOME, Bugar

Kaya Nutrisi, Buah Labu Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Kaya Nutrisi, Buah Labu Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Labu kuning (Cucurbita moschata) merupakan salah satu jenis buah yang kerap dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, dan puding. Selain itu, buah ini juga bisa diolah dengan cara dikukus, ditumis, hingga dipanggang atau dibakar. 

Manfaat labu kuning ternyata tidak hanya dapat diperoleh dari dagingnya, tetapi juga dari bijinya. Buah yang kerap digunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.  

Melansir dari Healthline, berikut manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi labu kuning sebagai berikut.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Terong Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah penyakit kronis

Labu kuning mengandung antioksidan, seperti alpha-karoten, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin yang mampu menangkal radikal bebas.

Uji tabung dan penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko kanker, penyakit mata, dan penyakit kronis lainnya. 

2. Melancarkan pencernaan

Labu kuning memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk melembutkan tinja dan melancarkan pencernaan. Hal ini juga menjadikan labu kuning baik untuk mencegah dan menangani sembelit.

3. Mempercantik kulit

Manfaat labu kuning lainnya adalah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya kandungan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Bahkan, lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit terasa kenyal dan lembut.

Kandungan betakaroten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Itu sebabnya, menyantap makanan yang kaya kandungan betakaroten, termasuk labu kuning, berpotensi membuat Anda lebih awet muda.

4. Membantu menurunkan berat badan

Labu kuning termasuk jenis buah yang padat nutrisi. Artinya, buah yang satu ini sangat rendah kalori meskipun dikemas dengan berbagai macam nutrisi.

Bila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan yang baik sebagai pengganti nasi dan kentang. Terlebih lagi, labu kuning adalah sumber serat yang dapat membantu menekan nafsu makan kamu.

5. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan kalium, serat, dan antioksidan pada labu kuning merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil, sedangkan serat dan antioksidan dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

 Baca Juga: Meskipun Daun Genjer tidak Populer, Namun Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

Untuk mendapatkan berbagai manfaat labu kuning di atas, mulai sekarang Anda bisa mencoba menambahkan labu kuning ke dalam menu makan Anda sehari-hari. 

Namun, hindari konsumsi labu kuning secara berlebihan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin A bisa menimbulkan keracunan vitamin A.

Selanjutnya: Kenali Gejala dan Penyebab Cantengan pada Kuku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News