HOME, Bugar

Meskipun Daun Genjer tidak Populer, Namun Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

Meskipun Daun Genjer tidak Populer, Namun Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

MOMSMONEY.ID - Daun genjer adalah sejenis tanaman yang hidup di tanah berair, seperti rawa, empang, atau perairan sawah. Tumbuhan ini terdiri dari daun yang terlapisi lilin, batang yang berongga, dan bunga. 

Daun genjer mungkin memang tak sepopuler kangkung, bayam, atau sawi yang sering dibuat masakan dan dikonsumsi sehari-hari. Namun, tanaman yang punya nama Latin Limnocharis flava itu juga tak kalah lezat bila dijadikan tumisan.

Manfaat genjer untuk kesehatan cukup beragam karena kandungan nutrisinya. Sayuran ini berpotensi dapat mengganti sel tubuh yang rusak, mengendalikan tekanan darah, memperkuat kesehatan tulang, hingga mengurangi risiko penyakit jantung, dikutip dari Healthline.

Berikut adalah sejumlah potensi manfaat genjer untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Orang Ketahui

1. Mengontrol tekanan darah 

Kandungan kalium dalam daun genjer mampu mengontrol tekanan darah, sehingga Anda bisa terhindar dari hipertensi. Masalah dinding pembuluh darah dapat diatasi pula dengan makanan yang kaya akan kalium.

Jika pembuluh darah tak terganggu, penyakit jantung bisa dicegah, apalagi ada tambahan antioksidan polifenol di dalam sayuran ini.  

2. Membantu meningkatkan produksi kolagen

Vitamin C dalam daun genjer juga dapat mendorong produksi kolagen yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan ikat, seperti rambut, kulit, dan kuku. Lantaran memicu produksi kolagen, maka vitamin C juga turut mempercepat penyembuhan luka. 

3. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Sebagai mineral yang tidak diproduksi secara mandiri oleh tubuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung kedua gizi tersebut. 

Tak hanya terkandung di susu, kalsium dan fosfor juga ada di dalam genjer. Konsumsi dalam jumlah yang tepat agar gigi dan tulang kuat, serta terhindar dari osteoporosis.

4. Menangkal radikal bebas

Manfaat genjer berikut adalah membantu menangkal radikal bebas. Manfaat ini didapatkan lewat kandungan karoten di dalam genjer yang berperan sebagai antioksidan sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dapat memicu terjadinya berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

5. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Tidak hanya mineral, sayuran genjer juga mempunyai kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk membantu memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak. 

Dapat dikatakan bahwa vitamin C berperan penting untuk membentuk kolagen, penyerapan zat besi, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mempercepat penyembuhan luka. 

Baca Juga: 5 Manfaat Rebung yang Baik untuk Kesehatan Tubuh  

Meski berbagai manfaat genjer di atas terkesan menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya. Jika Anda tertarik mengonsumsi daun genjer, sebaiknya konsumsi secukupnya saja karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping bila dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi dan genjer bersama dengan asupan lain sehingga gizinya seimbang. 

Selanjutnya: 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pakcoy untuk Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News