HOME, Bugar

Kenali Gejala dan Penyebab Cantengan pada Kuku

Kenali Gejala dan Penyebab Cantengan pada Kuku

MOMSMONEY.ID - Cantengan adalah tumbuhnya salah satu sisi kuku atau ujung kuku ke dalam daging di sekitar kuku. Kondisi ini ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan, di area sekitar kuku yang mengalami cantengan, dikutip dari Medical News Today.

Gejala utama yang dirasakan adalah nyeri hebat pada kulit sekitar kuku yang terkena. Selain itu, jari juga menjadi bengkak, keras, dan kemerahan. Bila cantengan telah terjadi lebih dari 1 minggu, dapat tumbuh jaringan (semacam daging) di tepi kuku. Jika cantengan disertai infeksi, bisa keluar nanah di sekitar kuku. 

Jika Anda tidak menjaga kebersihan kaki dengan baik, risiko untuk terkena cantengan jempol kaki akan semakin besar. Namun, itu bukanlah satu-satunya penyebab. Ada beberapa hal lain yang juga bisa menyebabkan cantengan jempol kaki, di antaranya: 

1. Memotong kuku tidak lurus atau terlalu pendek. 

2. Mengenakan sepatu atau kaos kaki yang terlalu sempit. 

3. Cedera pada kuku kaki, misalnya akibat tersandung, terbentur atau tertimpa barang berat. 

4. Bentuk kuku yang melengkung atau bergelombang. 

5. Menderita infeksi jamur pada kuku yang menyebabkan kuku jempol kaki menebal. 

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Cacar Air

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan, antara lain: 

1. Hindari memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus dan jangan terlalu pendek. 

2. Gunakan alas kaki yang pas, nyaman, dan aman. 

3. Hati-hati dalam beraktivitas dan berolahraga, terutama yang berisiko menimbulkan cedera pada kuku kaki. 

4. Jaga kebersihan kaki dengan rajin mencucinya, mengoleskan pelembap, dan memastikannya kering sebelum menggunakan alas kaki. 

5. Lakukan kontrol ke dokter secara berkala bila Anda memiliki kondisi khusus yang berpotensi menyebabkan cantengan, seperti kuku kaki yang tumbuh melengkung atau kuku yang terlalu tebal. 

Baca Juga: Ketahui Penyebab Biang Keringat yang Sangat Mengganggu Tubuh

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda mengalami cantengan. Semakin cepat ditangani maka keluhan dan rasa tidak nyaman yang Anda rasakan akan semakin cepat merada.

Segera periksakan juga ke dokter jika cantengan disertai dengan infeksi, yang ditandai dengan bengkak, keluarnya nanah dan bau tidak sedap, bahkan demam. 

Cantengan yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat bisa menyebabkan munculnya komplikasi yang lebih serius, terutama jika dialami oleh penderita diabetes atau penyakit yang menyebabkan buruknya aliran darah. 

Selanjutnya: 5 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Meredakan Vertigo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News