Bugar

Kapalan Sangat Mengganggu! Ini Sederet Cara Ampuh Mengatasi Kapalan pada Kaki

Kapalan Sangat Mengganggu! Ini Sederet Cara Ampuh Mengatasi Kapalan pada Kaki

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang bisa Anda lakukan, agar tidak menggangu aktivitas dan mengganggu penampilan.

Kapalan (callus) adalah bagian kulit yang menebal atau mengeras sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan berlebihan.  

Bagian kulit yang mengalami kapalan biasanya akan berwarna kekuningan dan menjadi kurang sensitif karena kulit menjadi kaku dan keras. 

Kapalan umumnya muncul di kaki, tapi dapat juga muncul di buku-buku jari dan tangan, dilansir dari Everyday Health.

Dikutip dari Everyday Health, berikut sederet cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang bisa Anda lakukan agar tidak menggangu, antara lain: 

Baca Juga: Penyebab Jempol Kaki Bengkak dan Cara Mengobatinya

1. Dioles dengan getah daun kamboja

Cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang pertama dengan mengoleskan getah daun kamboja. 

Gunakan getah daun kamboja untuk mengatasi kapalan di kaki Anda. Sebab, ada kandungan vitamin E dan emolien yang baik untuk kulit. 

Cara menggunakannya mudah, kok, cukup ambil daun kamboja yang masih muda dan ambil getahnya. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang kapalan. 

2. Plester atau gel penghilang kapalan

Cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang kedua adalah plester kaki yang kapalan atau oleskan gel penghilang kapalan agar kulit bsia lebih lembab dan tidak kasar lagi. 

Dokter dapat memberikan plester (patch) atau gel dengan kandungan asam salisilat sebanyak 40%. Dokter pun akan memberi tahu seberapa sering plester perlu diganti. 

Sebelum menempelkan plester atau mengoleskan gel, kapalan sebaiknya dibersihkan lebih dulu guna menghilangkan kulit mati. 

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin, Manfaat Apel Bisa Mengatasi 5 Penyakit Ini

3. Dioles dengan minyak jarak

Cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang selanjutnya adalah dioles dengan minyak jarak. 

Minyak kastroli atau yang lebih akrab disapa minyak jarak juga menjadi solusi penyembuh alami lainnya yang bisa Anda pakai untuk meringankan luka akibat kapalan. 

Untuk penggunaan sebagai obat kapalan, Anda cukup menuangnya pada kapas dan menotolkannya perlahan pada luka. Lalu, tempelkan plester. 

4. Rendam kaki di air hangat

Cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang lainnya adalah lakukan perendaman kaki dengan air hangat. 

Cukup panaskan air hingga mencapai suhu ruam kuku, atau sekitar 40 derajat celcius, masukkan kaki dan rendam hingga 20 menit.   

Ambil sebuah batu apung yang halus permukaannya dan gosokkan pada bagian kulit yang terkena kapalan. Lakukan secara rutin agar kapalan segera mengempis dan menghilang. 

Baca Juga: Penyebab Mata Ikan di Tangan dan Kaki yang Perlu Anda ketahui

5. Gunakan bantalan sepatu

Cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang terakhir adalah menggunakan bantalan sepatu. 

Agar kapalan di kaki tidak menimbulkan rasa nyeri Anda saat berjalan, cobalah untuk menggunakan bantalan sepatu yang bisa dibeli di apotek. 

Bantalan sepatu akan melindungi kulit yang kapalan dari tekanan. Selain itu, bantalan ini juga dapat mencegah kapalan muncul kembali. 

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah di atas namun kapalan masih tetap ada atau justru semakin parah dan terasa nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter kulit atau dokter bedah. 

Dokter dapat memberikan obat untuk menghilangkan kapalan dan antibiotik untuk mengobati kapalan yang terinfeksi. 

Selain itu, jika kapalan sudah parah, dokter akan memangkas kulit yang menebal, atau melakukan operasi untuk mengangkat kulit tebal pada kapalan yang sudah parah.

Itulah sederet cara ampuh mengatasi kapalan pada kaki yang bisa Anda lakukan, agar tidak menggangu aktivitas dan mengganggu penampilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News