HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kacang merah adalah bahan pangan yang cukup sering ditemui sehari-hari. Anda bisa memasak kacang merah sebagai sayur, sop, atau hidangan pencuci mulut.

Akan tetapi, mungkin belum banyak diketahui bahwa kacang yang tumbuh di negara-negara Asia, seperti Indonesia dan India ini ternyata tak hanya lezat, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Kacang merah, atau yang memiliki nama lain Phaseolus vulgaris adalah biji-bijian yang mudah ditemukan di banyak tempat. Banyak orang yang menyukai kacang ini karena bisa disuguhkan dalam berbagai jenis hidangan serta minuman.

Tak hanya itu, kacang merah pun bisa Anda masukkan ke menu diet, karena para ahli juga menemukan khasiatnya untuk menurunkan berat badan. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai manfaat kacang merah, untuk kebaikan tubuh Anda. 

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Manfaat kacang merah juga baik untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu dan janin, seperti protein, asam folat, dan zat besi. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan zat besi dan asam folat untuk mendukung pertumbuhan janin.

Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia, bayi lahir prematur, berat badan lahir rendah, hingga depresi pascamelahirkan.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Anda bisa menjaga kadar gula darah, dengan mengonsumsi kacang merah. Menurut ahli, kandungan protein, serat, dan karbohidrat yang dirilis lambat di dalamnya, bisa membantu tubuh mengontrol gula darah.

Kacang merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat dalam menaikkan kadar gula darah.

3. Mengendalikan nafsu makan

Karena kacang merah kaya kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks, makan kacang merah bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda pun jadi tidak mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain.

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah yang satu ini tentu sayang sekali untuk dilewatkan.

4. Mencegah kanker usus besar

Kanker usus besar sendiri merupakan salah satu jenis kanker, yang umum terjadi secara global.Kacang-kacangan, seperti kacang merah, mengandung zat gizi seperti serat, yang memiliki potensi memberikan efek antikanker.

Beberapa jenis serat di kacang merah, dapat difermentasikan oleh bakteri baik, yang hasilnya akan membentuk asam lemak serupa asam lemak rantai pendek (SCFA). SCFA dapat membantu menjaga kesehatan usus, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, kacang merah juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan salah satunya adalah kanker usus besar. Manfaat ini berasal dari kandungan serat di dalamnya yang baik untuk kesehatan usus besar. 

Selain serat, manfaat kacang merah untuk mencegah kanker juga berasal dari kandungan antioksidannya.

 Baca Juga: 5 Manfaat Labu Siam yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kacang merah untuk kesehatan begitu beragam. Namun, pastikan Anda mengolahnya dengan benar agar manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal.

Selanjutnya: Penyakit Batu Empedu : Gejala dan Faktor Risikonya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News