HOME, Bugar

Ketahui 5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Jamur adalah tanaman yang sudah sejak lama digunakan, baik sebagai bahan makanan maupun obat-obatan. Hal ini dikarenakan jamur memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Walaupun, ada beberapa jenis jamur yang bersifat kontradiktif, yakni mengandung racun berbahaya. Ketahui apa saja manfaat jamur sekaligus ‘ancaman’ mengonsumsi jenis jamur yang salah.  

Ada beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi, yaitu jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram. Selain lezat, penelitian mengungkapkan bahwa manfaat jamur untuk kesehatan sangatlah beragam. Ini karena jamur kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beragam manfaat jamur yang bisa Anda rasakan jika rutin mengonsumsinya. Berikut ini manfaat mengonsumsi jamur. 

Baca Juga: Zat Polifenol pada Mangga Baik untuk Pederita Kanker

1. Mencegah kanker

Jamur mengandung antioksidan tinggi, yang berperan sebagai pelindung tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain antioksidan, kandungan beta glucan di dalam jamur juga dapat mencegah kanker, seperti kanker usus besar dan kanker serviks. 

2. Mencegah hipertensi 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang juga disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol ‘jahat’. Jamur berperan dalam mencegah terjadinya penyakit hipertensi tersebut melalui agen-agennya yang terdiri dari vitamin C, kalium, dan juga serat.

Ketiga zat tersebut dikenal efektif dalam membantu pengendalian tekanan darah, pun memastikan agar kadar kolesterol tetap terjaga. 

3. Baik untuk ibu hamil

Banyak ibu hamil yang mengonsumsi suplemen asam folat atau folat selama kehamilan demi mendukung kesehatan janin. Tapi tahukah ibu bahwa jamur juga dapat memberikan asupan folat, lho. Secangkir jamur mentah utuh dapat memberikan 16,3 mikrogram folat. Sedangkan menurut pedoman saat ini, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mikrogram folat setiap hari. 

4. Menurunkan kolesterol 

Di samping meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat jamur melalui beta-glucan-nya adalah untuk menurunkan kadar lemak LDL atau biasa dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’. Sebaliknya, beta-glucan justru membantu meningkatkan kadar lemak HDL atau kolesterol ‘baik’ yang memang dibutuhkan oleh tubuh. 

Pengendalian kadar kolesterol ‘jahat’ ini menjadi penting karena jika dibiarkan bisa berakibat pada komplikasi kardiovaskular yakni stroke dan jantung. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Beberapa jenis jamur dibudidayakan dengan menggunakan sinar UV untuk meningkatkan kandungan vitamin D di dalamnya. Vitamin D sendiri merupakan nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang. 

Baca Juga: Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi

Nah, itulah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jamur. Meskipun memiliki berbagai macam manfaat, pastikan jangan mengonsumsinya secara berlebihan agar mendapatkan manfaatnya.

Selanjutnya: 5 Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News