Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 15 September 2021 | 09:53 WIB
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Pernah melihat buah jamblang atau duwet? Memang buah yang satu ini cukup sulit ditemukan di pasaran. Bentuknya menyerupai buah anggurdengan warna ungu kehitaman dan rasanya agak asam. 

Buah jamblang juga dikenal nama duwet, jamun, jambul, malabar plum, indian blackberry, java plum, atau black plum. Buah ini biasa dimakan segar atau disajikan sebagai manisan. Di balik rasa dan bentuknya yang menawan, buah jamblang juga menyimpan beragam manfaat buat kesehatan tubuh.

Dilansir dari Healthline dan WebMD, berikut ini adalah berbagai manfaat buah jamblang berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin, Atasi Anemia sampai Mencegah Kanker

1. Membantu Mmenurunkan gula darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat. Ini membuat buah jamblang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

2. Berguna untuk menurunkan berat badan

Dengan rendahnya kalori dan tingginya serat, buah jamblang jadi buah yang ideal guna mendukungpenurunan berat badan.

Buah ini dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan meminimalkan air berlebih sekaligus menaikkan metabolisme tubuh. Jadi, buah ini akan memuaskan rasa lapar dan meredakan rasa lapar sekaligus.

3. Menurunkan risiko anemia

Tak hanya baik untuk tulang dan gigi, kandungan zat besi di dalam buah jamblang juga dapat berperan dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Ini membuat Anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

4. Memungkinkan dalam pencegahan kanker

Manfaat buah jamblang lainnya terletak pada kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini pula yang membuatnya dikenal sebagai herba anti-kanker. 

Antioksidan pada buah jamblang ini dapat mencegah kanker dengan mengikat sel radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker. Polifenol dan antosianin merupakan beberapa antioksidan kuat yang berada di dalam buah jamblang.

5. Menangkal radikal bebas

Berdasarkan penelitian dari Universitas Udayana Bali, buah jamblang mengandung vitamin C terbanyak kedua setelah jambu monyet. Kandungan vitamin C di dalam jamblang memiliki manfaat sebagai antioksidanyang berperan dalam menangkal radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak berpasangan sehingga bisa menerima dan memberikan elektron pada molekul lain. Hal tersebut membuat radikal bebas bisa menyerang berbagai molekul dalam tubuh, seperti protein, lipid, dan asam nukleat. 

Penyerangan terhadap molekul dalam tubuh bisa merusak sel, protein, DNA, sampai mengganggu keseimbangan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Cranberry yang Baik untuk Kesehatan

Agar Anda bisa merasakan manfaat buah jamblang dengan lebih optimal, pastikan untuk menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Jangan lupa juga untuk berolahraga rutin, cukup tidur, kelola stres dengan baik, dan hindari rokok maupun alkohol. 

Selanjutnya: Anda Perlu Tahu, 5 Makanan Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Vagina

Editor: Helvana Yulian
Terbaru