HOME, Bugar

Manfaat Buah Tin, Atasi Anemia sampai Mencegah Kanker

Manfaat Buah Tin, Atasi Anemia sampai Mencegah Kanker

MOMSMONEY.ID - Buah tin atau disebut juga dengan buah ara (Ficus carica) adalah buah yang cukup unik. Buah ini menyerupai tetesan air mata berwarna hijau atau ungu, dan berisi daging buah berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang membuatnya menjadi renyah.

Buah tin dan daunnya dikemas dengan berbagai nutrisi serta menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan yang sangat potensial. Berikut ini manfaat buah tin yang amat potensial untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Membantu Kesehatan Rambut

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah tin yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung. 

Selain itu, buah tin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin dapat membantu mengontrol tekanan darah.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Antioksidan pada ekstrak buah tin dinilai baik untuk menjaga kesehatan sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen, dan memperbaiki kerutan pada kulit.

Namun, penelitian ini masih sebatas pada hewan dan diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan efek buah tin pada kesehatan kulit.

Itulah sederet manfaat buah tin yang bisa kita dapatkan. Berkat rasanya yang manis, buah tin biasanya digunakan sebagai pengganti gula alami yang sehat. Selain itu, buah tin yang segar atau kering juga bisa dijadikan berbagai hidangan menarik, seperti smoothie, jus, atau sebagai makanan penutup yang sehat. 

3. Mencegah kanker

Selain punya manfaat terkait pencernaan, buah tin juga berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama jenis kanker usus. Satu buah tin segar mengandung zat antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel karena serangan zat radikal bebas. 

Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa memicu kanker. Tak hanya dari daging buahnya, manfaat buah tin dalam mencegah kanker juga bisa diperoleh dari ekstrak daunnya. Akan tetapi, potensi daun buah tin sebagai agen antikanker masih memerlukan pengujian lebih lanjut.

4. Mengatasi anemia

Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kurang darah atau anemia merupakan kondisi kurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai sebab.

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan juga multivitamin dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit pun akan naik.

5. Menjaga kesehatan tulang

Buah tin juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Konsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium, hal ini dapat dicegah olah kalium yang terdapat dalam buah tin.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Buah Cermai yang Jarang Diketahui  

Itulah sederet manfaat buah tin yang bisa kita dapatkan. Berkat rasanya yang manis, buah tin biasanya digunakan sebagai pengganti gula alami yang sehat.

Selain itu, buah tin yang segar atau kering juga bisa dijadikan berbagai hidangan menarik, seperti smoothie, jus, atau sebagai makanan penutup yang sehat.

Selanjutnya: Mengenal 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News