HOME, Bugar

5 Manfaat Cranberry yang Baik untuk Kesehatan

5 Manfaat Cranberry yang Baik untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Cranberry adalah jenis buah beri berwarna merah dengan ukuran bervariasi seperti buah anggur. Buah yang sering dicampurkan pada kue atau dibuat jus ini, tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan.

Sayangnya, buah ini cukup sulit ditemukan di Indonesia. Anda mungkin akan menemukannya sudah dikemas, dikeringkan, atau sudah diolah menjadi olahan lain. Meski begitu, antusiasme masyarakat pada buah ini cukup tinggi.

Antusiasme tersebut sebanding dengan manfaat buah cranberry yang punya banyak nutrisi yakni protein, serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta kandungan antioksidan sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa kandungan di dalam buah cranberry yang baik untuk menjaga kesehatan vagina.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Bronkitis yang Harus Anda Ketahui

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buah cranberry di antaranya adalah membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Buah cranberry terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang dapat memperlancar sirkulasi dan aliran darah.Sirkulasi darah yang berjalan dengan lancar juga berkontribusi dalam meningkatkan energi dan fungsi kognitif. Selain itu, buah cranberry juga dapat menurunkan tekanan darah Anda.

2. Mencegah terjadinya infeksi saluran kemih

Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak cranberry dapat mencegah terjadinya penyakit infeksi saluran kemih. Kadar asam pada ekstrak cranberry dianggap bisa melindungi saluran kemih berkat kemampuannya dalam mengubah sifat urine jadi lebih asam. Kondisi ini dapat menghambat perkembangbiakan bakteri E. coli secara alami.

3. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat cranberry lainnya adalah meningkatkan fungsi otak. Senyawa antioksidan dan anti peradangan yang ada dalam buah cranberry dapat meningkatkan daya ingat dan koordinasi. Jadi, jika Anda ingin tetap memiliki daya ingat yang kuat hingga tua nanti, konsumsilah buah cranberry secara rutin.

Baca Juga: Waspadai! Ini Penyebab Penyakit Migrain yang Harus Anda Ketahui

4. Mencegah kerusakan pada gigi

Manfaat kesehatan dari buah cranberry bahkan meluas ke mulut Anda karena buah ini dapat membantu mencegah penyakit gusi. Manfaat buah cranberry ini bersumber dari kandungan proanthocyanidins, yaitu senyawa pemberi warna merah dan biru pada buah yang berkhasiat untuk menangkal infeksi.Senyawa inilah yang mampu mencegah bakteri menempel pada permukaan mulut, seperti gigi dan gusi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

5. Mencegah kanker

Buah cranberry mengandung polifenol (sejenis antioksidan) dan isoprenoid, yang keduanya dapat berkontribusi pada pencegahan kanker.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cranberry dapat bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan menunjukkan efek positif terhadap kanker prostat, payudara, hati, usus besar, dan kanker ovarium.

Pada dasarnya, buah cranberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan memakannya dalam bentuk utuh dan tanpa pemanis.

Selanjutnya: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News