HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Cempedak (Artocarpus integer) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia.

Sekilas buah ini mirip sekali dengan buah nangka. Bedanya, ukuran buah cempedak cenderung lebih kecil, manis, gurih, dan lembut daripada buah nangka.

Buah cempedak juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, serta berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karoten dan xanthone. Salah satu jenis flavonoid unik yang dimiliki oleh cempedak adalah senyawa artoindonesianin, dikutip dari WebMD. 

Berikut adalah beberapa manfaat cempedak yang terkenal dan baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Tidak Banyak Dikenal, Ternyata Buah Rambusa Memiliki Banyak Manfaat

1. Mengobati malaria

Ekstrak buah cempedak sudah terkenal sebagai obat malaria yang cukup efektif. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa artoindonesianin bersama antioksidan alami lainnya yang ada di dalam daging buah cempedak.

Pada sebuah penelitian, terbukti bahwa ekstrak buah cempedak dapat membunuh parasit penyebab malaria, yaitu Plasmodium falciparum. Namun, pemanfaatan buah cempedak sebagai obat utama malaria masih tidak aman untuk dilakukan.

2. Mengobati tumor

Kandungan bioflavonoid yang ada dalam buah cempedak dianggap dapat membantu mengatasi tumor. Meski demikian, klaim ini masih membutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk benar-benar membuktikan efektivitas buah cempedak terhadap tumor.

3. Aman untuk pencernaan

Mengutip Med India, manfaat cempedak untuk kesehatan juga menjaga pencernaan lewat kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi. Penelitian juga telah membuktikan buah cempedak sebagai pelindung gastro, membantu menyembuhkan tukak saluran pencernaan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah cempedak mengandung serat dan vitamin C tinggi yang membantu kesehatan jantung. Tidak hanya itu, kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam cempedak memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah turun, kadar kolesterol juga ikut berkurang. Hal tersebut membuat kerja jantung menjadi lebih optimal.

5. Menurunkan risiko stroke

Penyakit stroke menjadi penyakit yang sebagian besar diderita oleh orang-orang yang telah berumur. Namun, tidak sedikit dari penderitanya adalah orang-orang yang masih muda.Kandungan antioksidan yang tinggi dalam cempedak dapat membantu menghindarkan Anda dari risiko stroke. Antioksidan akan memerangi radikal bebas yang dapat menghasilkan stres oksidatifpemicu stroke.

 Baca Juga: 5 Makanan untuk Membantu Kesehatan Rambut

Mengonsumsi cempedak secara langsung akan lebih bermanfaat bagi kesehatan dan tentunya lebih praktis. Jika ingin mencoba menu baru, Anda bisa membuatnya menjadi campuran untuk jus, topping untuk oatmeal, atau camilan bersama cokelat hitam. Selain makan cempedak, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi aneka makanan bergizi lainnya. 

Selanjutnya: Inilah Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News