HOME, Bugar

Jika Tidak Ingin Bau Badan, Hindari 5 Makanan yang Dapat Memicu Bau Badan Ini

Jika Tidak Ingin Bau Badan, Hindari 5 Makanan yang Dapat Memicu Bau Badan Ini

MOMSMONEY.ID - Bau badan tidak sedap menjadi masalah yang memang harus diselesaikan. Tentu hal ini bisa bikin Anda minder dan tidak nyaman sepanjang hari.

Bisa jadi, bau badan tidak sedap ini disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi selama ini. Makanan bisa menjadi alasan mengapa badan berbau kurang sedap.  

Beberapa makanan penyebab bau badan sebenarnya sering dikonsumsi sehari-hari, tapi kebanyakan orang tidak mengetahui dampak yang bisa ditimbulkannya pada aroma tubuh. 

Baca Juga: Punya Masalah Bau Mulut Tidak Sedap? Hilangkan dengan 5 Tanaman Herbal Ini

Dirangkum dari Mayo Clinic, berikut ini adalah penjelasan tentang makanan penyebab bau badan yang harus Anda hindari, antara lain: 

Bawang-bawangan

Makanan penyebab bau badan yang pertama adalah bawang-bawangan. Hal ini disebabkan karena bawang memiliki zat yang disebut dengan allicin.

Zat ini secara ilmiah memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya zat ini justru memengaruhi aroma keringat Anda. 

Daging merah

Makanan penyebab bau badan yang kedua adalah daging merah. Meskipun enak dan lezat, ternyata terlalu banyak makan daging merah bisa membuat badan Anda mengeluarkan bau kurang sedap. 

Makanan pedas

Makanan penyebab bau badan yang ketiga adalah makanan pedas. Apalagi biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas, tubuh Anda akan berkeringat. 

Lagi-lagi, makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, dan kemudian memengaruhi napas dan keringat. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Ikan

Makanan penyebab bau badan yang keempat adalah ikan. Walaupun memberikan banyak manfaat karena kandungan lemak omega 3, ikan bisa menyebabkan bau badan tidak sedap.

Ikan menjadi makanan penyebab bau badan karena kandungan kolin yang ada di dalamnya. Beraroma amis dan menyengat, Anda bisa mengonsumsinya asalkan tidak berlebihan.

Alkohol

Makanan penyebab bau badan yang kelima adalah alkohol. Peminum alkohol mempunyai lebih banyak bakteri jahat dalam mulut mereka dibanding yang tidak mengonsumsinya.  

Semakin banyak Anda minum, semakin banyak juga asetat yang diproduksi oleh tubuh. Mempunyai aroma yang tak sedap, keringat hasil sekresi asetat menyebabkan badan juga menjadi bau.  

Itulah beberapa makanan penyebab bau badan yang perlu Anda ketahui. Dari daftar makanan penyebab bau badan ini boleh dikonsumsi, namun jangan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News