HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Moms Wajib Tahu! Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Daun sirih memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk antiseptik, masih banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. 

Daun sirih sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tanaman herbal ini memang populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Manfaat daun sirih juga juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh, seperti obat untuk diabetes, asam urat dan berbagai penyakit lainnya jika di konsumsi.  

Baca Juga: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

Selain itu, dilansir dari Web MD, berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui, antara lain: 

Menurunkan berat badan 

Manfaat daun sirih yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam sirih bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.   

Air rebusan daun sirih bisa meningkatkan sekresi pencernaan sekaligus menghilangkan kadar air berlebih atau racun di dalam tubuh.   

Keputihan 

Manfaat daun sirih yang kedua adalah bisa membantu mengatasi keputihan. Daun sirih bermanfaat mengobati keputihan pada organ intim perempuan.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup minum air rebusan daun sirih secara teratur dan bisa merasakan manfaatnya.

Menghilangkan bau mulut 

Manfaat daun sirih yang ketiga adalah menghilangkan bau mulut. Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat mulutnya mengelurkan bau yang tidak sedap. 

Alih-alih berkumur dengan cairan kimia, Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih. Selain itu, daun sirih juga bersifat antiseptik sehingga bisa melindungi mulut Anda dari bakteri. 

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Bisa Meringankan Penyakit Cacar Air

Menghentikan pendarahan

Manfaat daun sirih yang selanjutnya adalah menghentikan pendarahan. Daun sirih memiliki sifat styptic alias penahan perdarahan.

Hal inilah yang membuat daun sirih efektif untuk menghentikan pendarahan pada gusi berdarah atau mimisan. 

Sakit gigi 

Manfaat daun sirih yang kelima adalah bisa mengobati sakit gigi. Semua orang pasti merasa sangat kesakitan saat menderita sakit gigi.

Daun sirih efektif mengobati nyeri gigi berlubang. Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan dua lembar daun sirih segar. Anda remas dan seduh daun sirih dengan segelas air hangat.   

Setelah itu Anda tanbahkan setengah sendok garam dan biarkan larut dalam air seduhan daun sirih. Setelah dingin, Anda gunakan air tersebut untuk berkumur.  

Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk bisa merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News