Bugar

Jenis Gangguan Psikologi yang Sering Terjadi pada Anak

Jenis Gangguan Psikologi yang Sering Terjadi pada Anak

MOMSMONEY.ID - Gangguan psikologi yang sering terjadi pada anak merupakan hal yang perlu Anda waspadai sebagai orang tua. 

Pasalnya, di usia ini anak mengalami banyak gejolak emosi. Mulai dari perubahan mood, pengaruh pubertas, beban pelajaran sekolah, serta pergaulan dengan teman.

Nah, bersumber dari Mental Health, berikut ini beberapa gangguan psikologi yang sering terjadi pada anak yang harus orang tua ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Cara Mengenali Tanda Gangguan Bipolar pada Anak

1. Gangguan kecemasan

Gangguan psikologi yang sering terjadi pada anak pertama adalah gangguan kecemasan. Masalah psikologi ini membuat anak memiliki rasa takut berlebihan pada banyak hal.

Bahkan, kemungkinan anak pun akan selalu merasa cemas dan tertekan meski pada situasi yang terbilang normal bagi orangtuanya.

Ketakutan pada anak yang memiliki masalah kecemasan akan merasa takut yang begitu parah dan biasanya hadir tanpa gejala atau tanda tertentu. sehingga terjadi tiba-tiba.

2. Gangguan bipolar

Gangguan bipolar adalah suatu kelainan otak yang menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati yang sangat tidak lazim pada tingkat aktivitas dan energi.

Pengidap bipolar akan mengalami fase yang disebut dengan episode mood, perubahan tingkatan aktivitas, energi, pola tidur, dan perilaku lainnya yang tidak lazim.

Anak akan menjadi lebih aktif daripada biasanya. Namun, selanjutnya bisa mengalami depresi yang ditandai dengan keterpurukan dan hilangnya semangat hidup.

3. Gangguan psikosis

Gangguan psikologi yang sering terjadi pada anak selanjutnya adalah gangguan psikosis. Psikosis adalah kondisi di mana seseorang kehilangan kontak dengan realita.

Gejala kondisi ini dapat berupa halusinasi atau delusi. Pada kasus tertentu, gejala psikosis dapat berkembang menjadi skizofrenia jika tidak ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Perbedaan Ilusi dan Halusinasi yang Perlu Dipahami

4. Conduct disorder

Gangguan psikologi yang sering terjadi pada anak terkahir adalah conduct disorder. Ini merupakan gangguan psikologi yang berpengaruh pada emosi dan perilaku.

Memang, normal saat anak bersikap abnormal pada satu waktu, tetapi conduct disorder berlangsung dalam waktu lama hingga berdampak negatif terhadap aktivitas dirinya.

Gejalanya bisa berupa perilaku agresif pada hewan atau orang lain, mencuri, hingga mudah marah dan cenderung melanggar peraturan. 

 Itulah beberapa gangguan psikologi yang sering terjadi pada anak dan perlu diketahui orangtua agar bisa menanganinya dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News