Bugar

Perbedaan Ilusi dan Halusinasi yang Perlu Dipahami

Perbedaan Ilusi dan Halusinasi yang Perlu Dipahami

MOMSMONEY.ID - Halusinasi dan ilusi adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan pengidapnya kesulitan memahami kondisi nyata dan tidak. Kedua kondisi ini masuk ke dalam kategori psikosis. Bagaimana membedakan ilusi dan halusinasi?

Dilansir dari Good Therapy dan Health Central, agar lebih mengerti mengenai ilusi dan halusinasi, inilah beberapa hal mengenai perbedaan dari kedua kondisi tersebut.

Baca Juga: 3 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengobati Skizofrenia

Ilusi

Ilusi merupakan kondisi ketika rangsangan yang diperoleh dari salah satu atau beberapa pancaindra salah diartikan, sehingga tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Kondisi ini kadang bisa dialami oleh orang yang sehat, tetapi lebih umum terjadi pada penderita skizofrenia. Apa sajakah contoh ilusi?

Orang yang mengalami ilusi penglihatan bisa merasa melihat hewan tertentu lewat di depannya, padahal sebetulnya yang lewat hanyalah orang bersepeda atau naik motor.

Terkadang orang yang mengalami ilusi juga bisa melihat suatu benda dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil daripada ukuran sebenarnya.

Pada ilusi pendengaran, orang yang mengalaminya bisa merasa mendengar suara orang berlari, tetapi sebenarnya orang itu hanya berjalan.

Contoh lain juga bisa berupa mendengar suara tangisan seseorang, padahal suara tersebut berasal dari desiran angin atau orang yang sedang berbicara.

Baca Juga: Ini 3 Jenis Gangguan Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Halusinasi

Halusinasi adalah gangguan persepsi yang membuat seseorang mendengar, melihat, mencium, dan merasa sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Tidak seperti ilusi yang merupakan kesalahan dalam persepsi pancaindra, sensasi pada halusinasi diciptakan oleh pikiran pasien sendiri tanpa adanya sumber yang nyata.

Contoh halusinasi adalah ketika penderitanya melihat objek atau mendengar sesuatu, tapi sebenarnya hal tersebut tidak ada dan tidak dilihat oleh orang lain.

Contoh dari kondisi ini adalah seseorang merasa mendengar bisikan atau suara orang lain yang berbicara kepadanya, padahal ia sedang sendirian di kamar.

Halusinasi disebabkan oleh gangguan jiwa tertentu, seperti skizofrenia, paranoid, demensia, gangguan kepribadian ambang, dan gangguan bipolar atau depresi dengan gejala psikosis.

Selain itu, orang yang mengalami gangguan saraf dan otak, seperti penyakit parkinson, delirium, stroke, dan penyakit Alzheimer, juga bisa mengalami halusinasi.

Itulah berbagai penjelasan mengenai perbedaan ilusi dan halusinasi. Segera lakukan pemeriksaan ketika Anda mengalami berbagai keluhan kesehatan yang terkait dengan gangguan kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News