Jarang Disadari, Ini 4 Penyebab yang Membuat Kondom Menjadi Rusak!

Reporter: Christ Penthatesia
Selasa, 10 Mei 2022 | 07:00 WIB
Jarang Disadari, Ini 4 Penyebab yang Membuat Kondom Menjadi Rusak!

ILUSTRASI. Beberapa hal bisa menjadi penyebab mengapa kondom menjadi rusak dan tidak berfungsi dengan baik. KONTAN/Muradi/31/03/2008


MOMSMONEY.ID - Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang kerap kali digunakan saat sedang melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Selain murah, kondom yang terbuat dari karet juga bisa membantu untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit kelamin.

Namun, keuntungan tersebut hanya bisa didapatkan ketika kondom tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa alasan dan penyebab mengapa kondom bisa rusak atau sobek yang perlu diketahui.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Libido secara Alami Loh! Cari Tahu, Yuk!

Kadaluwarsa

Melansir dari laman Health Line, kerusakan pada kondom seharusnya mudah untuk diketahui karena mudah terlihat. Namun ada penyebab lainnya juga yang membuat kerusakan kecil pada kondom tidak terlihat.

Kadaluwarsa adalah alasan utama yang membuat kondom memiliki kerusakan kecil dan membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk selalu memeriksa tanggal kadaluwarsa pada kondom yang akan digunakan.

Salah penggunaan

Penggunaan kondom yang salah juga bisa menyebabkan kondom rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kondom sebaiknya digunakan dengan meletakkan bagian luar pada bagian luar. Untuk menghindari kondom rusak, ada baiknya untuk tidak menggunakan kembali kondom yang telah salah digunakan. Kondom hanya bisa digunakan satu kali dan tidak dapat digunakan kembali setelah dipakai.

Baca Juga: Ketahui Yuk, 4 Manfaat Olahraga dengan Menggunakan Kettlebell!

Masalah penyimpanan

Hal yang juga perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan kondom adalah tempat penyimpanannya. Melansir dari laman Pop Sugar, kondom sebaiknya tidak disimpan dalam ruangan yang panas seperti pada dompet atau saku celana.

Panas dapat merusak lateks atau karet kondom yang membuatnya menjadi tidak berfungsi. Sebaiknya simpan kondom pada tempat dengan suhu ruangan dan terhindar dari panas yang dapat merusak karet kondom.

Salah ukuran

Kondom didesain dengan memiliki beberapa ukuran sehingga penting untuk mengetahui ukuran kondom yang tepat sebelum membeli alat kontrasepsi ini.

Kondom yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat dengan mudah rusak dan tidak berfungsi saat digunakan berhubungan intim. Maka dari itu cobalah untuk mencari tahu ukuran kondom yang sesuai dengan alat kelamin untuk menghindari kondom yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER