HOME, Santai

Ketahui Yuk, 4 Manfaat Olahraga dengan Menggunakan Kettlebell!

Ketahui Yuk, 4 Manfaat Olahraga dengan Menggunakan Kettlebell!

MOMSMONEY.ID - Olahraga tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan dumbbell saja sebagai alat bantu untuk mengangkat beban.

Ada juga alat olahraga beban lainnya yang dapat digunakan sebagai alat bantu olahraga yaitu kettlebell.

Melakukan olahraga dengan menggunakan kettlebell ternyata juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Baca Juga: Gendut Pasca Libur Lebaran? Coba 4 Aplikasi Olahraga Di Rumah Ini Saja!

Pembakaran kalori tinggi

Melansir dari laman Byrdie, olahraga yang menggunakan kettlebell sebagai alat bantunya memiliki potensi untuk membakar lebih banyak kalori.

Kettlebell biasa digunakan dalam olahraga dengan intensitas tinggi sehingga pembakaran kalori terjadi lebih banyak dan menghasilkan banyak keringat. Dalam gerakan aerobik, melakukan olahraga dengan kettlebell mampu membakar sebanyak 13.6 kalori per menit.

Melatih cengkeraman

Kettlebell adalah alat bantu beban yang memiliki bentuk seperti bola dan memiliki pegangan pada alatnya. Dengan memegang pada pegangan kettlebell dapat membantu meningkatkan kekuatan cengkeraman tangan.

Gerakan pada olahraga yang menggunakan kettlebell melatih koordinasi tangan dan juga jari-jari untuk menahan bebannya. Sehingga kekuatan cengkeraman pun dapat diperbaiki sebab cengkeraman yang kuat juga merupakan hal yang penting untuk dijaga seiring dengan bertambahnya usia.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Membuat Payudara Lebih Cepat Kendur

Memperbaiki keseimbangan

Keseimbangan tubuh juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dan dijaga. Salah satu keuntungan melakukan olahraga dengan kettlebell adalah mampu untuk memperbaiki keseimbangan tubuh.

Laman Bustle menyatakan bahwa melakukan olahraga dengan menggunakan kettlebell mampu menstabilkan pinggang, lutut, dan juga daerah pergelangan kaki. Olahraga dengan alat ini juga akhirnya mampu digunakan untuk melatih kontrol gerakan dan keseimbangan tubuh.

Melatih pergerakan sendi

Tak hanya otot saja yang dilatih dengan menggunakan alat ini, sendi pun juga memperoleh beberapa manfaat dari melakukan gerakan olahraga dengan kettlebell.

Otot yang stabil dan kuat tentunya diperlukan untuk membantu melatih pergerakan sendi. Terutama untuk memperlancar pergerakan sendi dan terhindar dari cidera saat sedang berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News