HOME, Bugar

Jangan Panik! Kenali Beberapa Penyebab Halusinasi Ini

 Jangan Panik! Kenali Beberapa Penyebab Halusinasi Ini

MOMSMONEY.ID - Halusinasi adalah gangguan persepsi yang membuat seseorang mendengar, merasa, mencium, atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Pada kondisi tertentu, halusinasi dapat mengakibatkan ancaman pada diri sendiri dan orang lain. Penyebab halusinasi sangat bervariasi, mulai dari gangguan mental sampai penyakit fisik.

Halusinasi dapat muncul akibat berbagai faktor. Dilansir dari laman Mental Health, berikut adalah beberapa faktor paling umum yang dapat menyebabkan halusinasi. 

Baca Juga: Inilah 5 Tanda Kondisi Psikologi Anda Sedang Terganggu

1. Gangguan kejiwaan, seperti skizofrenia, demensia, dan depresi berat dengan gejala psikosis 

2. Gangguan saraf dan otak, seperti penyakit Parkinson, migrain dengan aura, delirium, stroke, epilepsi, dan penyakit Alzheimer 

3. Banyak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, seperti kokain, amfetamin, dan heroin 

4. Demam, terutama pada anak atau lansia 

5. Gangguan tidur, seperti narkolepsi 

6. Penyakit berat, seperti gagal ginjal atau gangguan hati stadium lanjut, HIV/AIDS, kanker otak 

7. Cedera kepala berat 

8. Gangguan elektrolit, misalnya hiponatremia dan hipomagenesemia 

9. Kelainan asam basa 

10. Efek samping obat-obatan 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Berbagai jenis halusinasi ini sering kali menjadi gejala penyakit tertentu, seperti skizofrenia, namun terkadang juga dapat disebabkan oleh penyalahgunaan obat atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Halusinasi juga bisa menjadi gejala demam, kesedihan akibat kehilangan orang terdekat, depresi, atau demensia. Berikut ini jenis-jenis halusinasi yang dapat mengintai pikiran Anda. 

1. Halusinasi penglihatan. Penderita halusinasi penglihatan akan melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Objek yang dilihat bisa manusia, benda, atau cahaya. 

2. Halusinasi pendengaran. Penderita halusinasi pendengaran akan mendengar suara, perintah, atau ancaman yang sebenarnya tidak ada. 

3. Halusinasi penciuman. Penderita halusinasi penciuman akan mencium bau harum atau bau yang tidak sedap, padahal bau tersebut sebenarnya tidak ada. 

4. Halusinasi pengecapan. Penderita halusinasi jenis ini akan mengecap rasa yang aneh, misalnya rasa logam, pada makanan atau minuman yang ia konsumsi, padahal rasa tersebut sebenarnya tidak ada. 

5. Halusinasi sentuhan. Penderita merasa seakan-akan ada seseorang yang meraba atau menyentuhnya, atau merasa seperti ada hewan yang merayap di kulitnya, padahal sebenarnya tidak ada. 

Segera cari pertolongan medis bila halusinasi sampai mendorong Anda melakukan tindakan yang berbahaya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News