HOME, Bugar

Inilah 5 Tanda Kondisi Psikologi Anda Sedang Terganggu

Inilah 5 Tanda Kondisi Psikologi Anda Sedang Terganggu

MOMSMONEY.ID - Setiap orang bisa mengalami masa-masa baik dan buruk dalam kesehatan mental mereka. Pengalaman yang membuat stres, seperti kehilangan orang yang dicintai, dapat mengganggu kondisi psikologis.

Biasanya gejala yang dialami menyebabkan penderitaan yang signifikan atau mengganggu kualitas hidup, baik dalam aspek sosial, pekerjaan, atau pendidikan selama jangka waktu tertentu.

Menurut American Psychiatric Association, berikut ini tanda psikologis terganggu yang perlu Anda tahu.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Mentimun

1. Ketakutan atau kegelisahan yang berlebihan yang akan sering membuat Anda merasa takut, cemas, gugup, atau panik berlebihan, bahkan pada hal sepele.

2. Perubahan suasana hati dapat berupa kesedihan yang mendalam, ketidakmampuan untuk mengekspresikan kegembiraan, ketidakpedulian terhadap situasi, perasaan putus asa, tawa pada waktu yang tidak tepat tanpa alasan yang jelas, atau pikiran untuk bunuh diri.

3. Dorongan seks berubah tergantung pada masing-masing individu. Tetapi jika Anda menemukan bahwa dorongan seksual Anda tiba-tiba hilang atau bahkan menyimpang secara drastis dari norma pribadi Anda, Anda mungkin perlu berbicara dengan terapis tentang apakah ada masalah kesehatan mental yang mendasarinya.

4. Anda mengalami sakit yang tidak bisa dijelaskan dan seketika hilang dan kembali muncul, mungkin saja perasaan itu berasal dari kecemasan.

5. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau masalah dengan ingatan, pikiran, atau ucapan yang sulit dijelaskan.

6. Kebiasaan tidur dan makan yang berubah secara dramatis (bisa lebih atau kurang) dari biasanya. Biasanya juga disertai kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

7. Sering duduk dan tidak melakukan apa-apa untuk waktu yang lama, atau berhenti dari aktivitas yang sebelumnya dinikmati dan menarik diri dari kerumunan.

8. Kualitas tidur yang buruk, menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI) masalah kesehatan mental dapat mengganggu  tidur, demikian juga gangguan tidur yang dapat membuat gejala penyakit mental bertambah buruk.

4. Sangat enggan bekerja, menurut HelpGuide, kekecewaan dan ketidakpedulian tentang pekerjaan bisa menjadi tanda-tanda kelelahan. Selain itu, depresi dan kecemasan dapat mengganggu kinerja Anda di tempat kerja. 

Hidup dengan penyakit mental bisa sangat sulit. Namun, ingatlah bahwa bantuan ahli dan pengobatan selalu tersedia.

Jika Anda atau orang terdekat mengalami tanda psikologis terganggu, jangan ragu untuk mencari bantuan ahli dan mendapatkan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News